PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN MATERI SISTEM INDERA BERBASIS ADOBE FLASH CS3 UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN SISWA KELAS XI SMA NEGERI 2 YOGYAKARTA

Nindy Sagita, Shinta Galuh (2016) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN MATERI SISTEM INDERA BERBASIS ADOBE FLASH CS3 UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN SISWA KELAS XI SMA NEGERI 2 YOGYAKARTA. S1 thesis, UNY.

[img]
Preview
Text
Halaman Depan.pdf

Download (868kB) | Preview
[img] Text
BAB I.pdf
Restricted to Registered users only

Download (546kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (996kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (894kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (420kB)
[img]
Preview
Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (424kB) | Preview

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk menghasilkan media pembelajaran materi Sistem indera berbasis Adobe Flash CS3 layak dan efektif untuk meningkatkan pemahaman siswa SMA kelas XI. Metode yang digunakan adalah penelitian dan pengembangan menggunakan model penelitian ADDIE hanya sampai tahap pengembangan, Subjek penelitian ini adalah 2 dosen ahli media, 2 dosen ahli materi, 2 guru Biologi dan 15 siswa kelas XI SMA Negeri 2 Yogyakarta tahun ajaran 2015/2016. Objek penelitian berupa produk pengembangan media pembelajaran materi sistem indera dalam bentuk aplikasi komputer dengan menggunakan program Adobe Flash CS3. Uji coba terbatas dilaksanakan di SMA Negeri 2 Yogyakarta pada bulan Mei sampai Juni 2016. Teknik pengambilan data dengan lembar review, lembar tanggapan siswa serta soal pre-test dan post-test. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kualitas media pembelajaran materi sistem indera berbasis AdobeFlash dinyatakan layak menurut ahli, guru dan sangat setuju menurut tanggapan siswa. Media pembelajaran dinyatakan efektif berdasarkan peningkatan hasil belajar siswa, yaitu hasil uji statistik nilai pre-test dan post-test siswa dengan uji Ancova menunjukkan terdapat berbedaan hasil belajar yang signifikan antara siswa yang mengikuti pembelajaran menggunakan media pembelajaran dan tanpa menggunakan media pembelajaran. Peningkatan hasil belajar kelas eksperimen adalah tinggi dengan gain score 0,86 dan peningkatan hasil belajar kelas kontrol adalah rendah dengan gain score 0,26. Kata Kunci : Media Pembelajaran, Sistem Indera, Adobe Flash

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Biologi
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) > Pendidikan Biologi > Pendidikan Biologi
Depositing User: Admin Biologi FMIPA
Date Deposited: 14 Mar 2017 06:16
Last Modified: 30 Jan 2019 13:32
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/47861

Actions (login required)

View Item View Item