LAPORAN INDIVIDU PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL) LOKASI SMA 1 IMOGIRI

Suratman, Suratman (2016) LAPORAN INDIVIDU PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL) LOKASI SMA 1 IMOGIRI. Project Report. LPPMP, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
13413241050_Suratman.pdf

Download (8MB) | Preview

Abstract

Program PPL adalah program kegiatan Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) yang pada mata kuliahnya merumuskan standar kompetensi atas dasar mengacu pada tuntutan empat kompetensi guru, yaitu pedagogik, kompetensi kepribadian, kompetensi profesional, dan kompetensi sosial.Kompetensi tersebut dirumuskan sesuai dengan amanat Undang-Undang Guru dan Dosen Nomor 14 Tahun 2005 Bab IV Pasal 10. Tujuan dari pelaksanaan program Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) adalah untuk memberikan pengalaman kepada mahasiswa dalam bidang pembelajaran di sekolah, dalam rangka melatih dan mengembangkan kompetensi keguruan atau kependidikan. Dalam melaksanakan Praktik Pengalaman Lapangan, mata pelajaran yang akan diampu adalah mata pelajaran Sosiologi untuk kelas XI (X IPS 1, XI IPS 3, XI IPS 4). Pelaksanaan program PPL dilakukan mulai tanggal 15 Juli sampai dengan 15 September 2016. Dengan kegiatan sebelum melakukan Praktik Pembelajaran yaitu menyusun Perangkat pembelajaran seperti Analisis Alokasi Waktu, PROTA, PROSEM, SILABUS, rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP), dan Media Pembelajaran. Dengan mengacu pada kurikulum 2006 maka materi yang akan diajarkan mata pelajaran sosiologi semester Ganjil terdiri dari 1 standar kompetensi dan dibagi lagi menjadi 3 kompetensi dasar yang diajarkan dalam proses belajar mengajar satu semester. Adapun kompetensi dasar terdiri dari 1.1 Mendeskripsikan bentukbentuk struktur sosial dalam fenomena kehidupan, 1.2 Menganalisis faktor penyebab konflik sosial dalam masyarakat 1.3 Menganalisis hubungan antara struktur sosial dengan mobilitas sosial. Dalam kesempatan PPL kali ini mahasiswa praktikan berkesempatan mengajar pada meteri kompetensi dasar (KD) 1 dan kompetensi dasar (KD) 2, dengan evaluasi pada kompetensi dasar (KD) 1. Adapun perangkat pendukung yang digunakan dalam proses pembelajaran adalah buku paket yang dapat dipinjam dari perpustakaan sekolah, ebook paket sosiologi kelas XI IPS, LKS, dan juga Handout yang berisi materi dan peta konsep materi pembelajaran. Alat-alat yang digunakan dalam proses pembelajaran terdiri dari alat yang disediakan oleh sekolah dan alat yang disediakan oleh siswa, maupun mahasiswa praktikan. Mahasiswa praktikan juga membuat media pembelajaran guna membuat pembelajaran menjadi menarik dengan memanfaatkan barang bekas atau ecomedia. Dari Program PPL yang sudah terlaksana diharapkan dapat memberikan manfaat bagi mahasiswa yaitu dapat menambah pemahaman dan penghayatan mahasiswa tentang proses pendidikan dan pembelajaran di sekolah.

Item Type: Monograph (Project Report)
Uncontrolled Keywords: PPL UNY 2016, SMA N I IMOGIRI, Pendidikan Sosiologi, FIS, UNY
Subjects: LPPMP
Divisions: LPPMP - Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan
Depositing User: LPPMP
Date Deposited: 13 Mar 2017 00:40
Last Modified: 01 Oct 2019 11:41
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/47860

Actions (login required)

View Item View Item