LAPORAN INDIVIDU PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL) SMA N 1 IMOGIRI

Wulan Ari Santi, Wulan Ari Santi (2016) LAPORAN INDIVIDU PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL) SMA N 1 IMOGIRI. Project Report. LPPMP, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
13303241008_Wulan Ari Santi.pdf

Download (4MB) | Preview

Abstract

Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) Universitas Negeri Yogyakarta semester khusus tahun 2016 yang berlokasi di SMA Negeri 1 Imogiri telah dilaksanakan oleh mahasiswa pada 15 Juli -15 September 2016. Kelompok PPL di lokasi ini terdiri dari 20 mahasiswa dari 10 program studi, yaitu Pendidikan Bahasa Jerman, Pendidikan Ekonomi, Pendidikan Sejarah, Pendidikan Geografi, Pendidikan Sosiologi, Pendidikan Kimia, Pendidikan Biologi, Pendidikan Fisika, Pendidikan Bimbingan Konseling, dan PJKR. Tujuan Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) adalah melatih mahasiswa agar memiliki pengalaman yang nyata dalam proses pembelajaran dan kegiatan kependidikan lainnya di sekolah. Selain itu, kegiatan ini juga bertujuan untuk mengembangkan potensi diri mahasiswa sebagai tenaga keguruan yang profesional dan memiliki pengetahuan, sikap, serta keterampilan yang memadai. Kegiatan yang telah dilaksanakan meliputi penyusunan RPP, praktik mengajar, pembuatan soal evaluasi, serta kegiatan lainnya yang diselenggarakan di sekolah. Kegiatan mengajar dilakukan khusus di kelas X 2 dan 3 SMA Negeri 1 Imogiri sesuai dengan kebijakan yang diberikan oleh guru pembimbing. Selain itu, mahasiswa PPL juga melakukan berbagai persiapan mengajar diantaranya penyusunan RPP, materi pembelajaran, media pembelajaran, hingga soal ulangan. Pada praktiknya kegiatan pada proses persiapan mengajar, belajar-mengajar dan mengevaluasi hasil belajar siswa ini, mahasiswa tetap didampingi oleh guru pembimbing yaitu guru mata pelajaran yang kompeten pada bidangnya. Kegiatan Mengajar deiakhiri dengan evaluasi berupa ulangan harian, remidi dan pengayaan. Program kegiatan PPL ini dapat terlaksana dengan baik dan lancar berkat adanya bimbingan dan arahan dari guru pembimbing dan dosen pembimbing selama praktik mengajar. Selain itu, peran aktif peserta didik selama berlangsungnya kegiatan belajar mengajar (KBM) di dalam kelas juga memberikan kelancaran dalam program tersebut. Terlaksananya program PPL ini juga tidak terlepas dari dukungan dan bantuan pihak sekolah yang telah memberikan keluasan kesempatan kepada para mahasiswa PPL untuk mengembangkan potensi yang dimilikinya. Meskipun ada beberapa hambatan seperti peserta didik yang kurang fokus dalam mengikuti pembelajaran, namun hal tersebut dapat diatasi dengan adanya variasi penyampaian materi yang dilakukan.

Item Type: Monograph (Project Report)
Uncontrolled Keywords: PPL, Praktik ,Pembelajaran
Subjects: LPPMP
Divisions: LPPMP - Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan
Depositing User: LPPMP
Date Deposited: 13 Mar 2017 00:11
Last Modified: 01 Oct 2019 11:43
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/47853

Actions (login required)

View Item View Item