Pengembangan Model Penilaian Komprehensif Unjuk Kerja Siswa pada Pembelajaran Berbasis Standar Kompetensi di SMK Teknologi Industri

Sudiyatno, Sudiyatno (2010) Pengembangan Model Penilaian Komprehensif Unjuk Kerja Siswa pada Pembelajaran Berbasis Standar Kompetensi di SMK Teknologi Industri. S3 thesis, UNY.

[img] Text
disertasi-sudiyatno-04701261005.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk: (1) mengembangkan suatu model penilaian komprehensif unjuk kerja siswa (model PKUKS) di SMK TI; (2) mengetahui informasi apa saja yang dapat diperoleh melalui penerapan model PKUKS; (3) mengetahui bentuk pemanfaatan informasi hasil penilaian dengan menggunakan model PKUKS; (4) mengetahui apakah model PKUKS dapat berfungsi untuk meningkatkan pemahaman, sikap dan perilaku, dan keterampilan siswa; dan (5) mengetahui perbedaan antara hasil pembelajaran praktik pemesinan dengan menggunakan model PKUKS dengan hasil pembelajaran praktik pemesinan dengan menggunakan penilaian konvensional. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan hasil modifikasi model pengembangan dari Borg & Gall. Kegiatan penelitian terdiri atas tiga tahap: pengembangan, ujicoba terbatas dan ujicoba diperluas. Tahap pengembangan meliputi kegiatan prasurvai, studi hasil-hasil penelitian, analisis masalah, analisis kurikulum, penyusunan draft model PKUKS dan validasi pakar dan praktisi. Kegiatan tahap ujicoba terbatas meliputi, uji keterbacaan, evaluasi dan revisi. Ujicoba diperluas meliputi: pelatihan guru, ujicoba, evaluasi, revisi dan desiminasi terbatas. Subjek ujicoba adalah 14 orang guru praktik pemesinan dan 168 orang siswa kelas XI SMK N 2 Pengasih dan SMK N 2 Wonosari. Materi pembelajaran praktik terdiri atas tiga jenis job praktik: job pemesinan bubut, frais dan gerinda. Analisis data dilakukan dua tahap, yaitu pada tahap pengembangan dan di akhir ujicoba diperluas. Analisis pada tahap pengembangan model dilakukan dengan pendekatan kualitatif dan kuantitatif. Analisis kualitatif dilakukan untuk menganalisis data hasil validasi model oleh para pakar dan praktisi. Analisis pada akhir tahap ujicoba diperluas untuk mengetahui efektivitas model PKUKS secara empirik menggunakan MANOVA satu jalur. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) prosedur pengembangan model PKUKS pada pembelajaran praktik pemesinan di SMK yang mengadopsi dan memodifikasi model R & D (Borg & Gall) telah mampu menghasilkan seperangkat instrumen penilaian yang valid, reliabel, obyektif, praktis dan efektif; (2) jenis informasi yang diperoleh ketika model PKUKS diterapkan dalam pembelajaran praktik pemesinan adalah hasil pengamatan dan penilaian tentang sikap dan perilaku, pemahaman terhadap proses pemesinan, keterampilan proses dan kualitas produk; (3) pemanfaatan pokok informasi hasil-hasil penilaian dalam model PKUKS digunakan sebagai umpan balik kepada siswa dan refleksi bagi guru untuk meningkatkan efektivitas pembelajaran; (4) tingkat keterlaksanaan dan efektivitas model PKUKS dalam pembelajaran praktik pemesinan cukup tinggi. Hal ini terbukti baik dari hasil pengamatan langsung maupun hasil-hasil empirik; dan (5) secara bersama-sama, ditemukan adanya perbedaan yang nyata (Wilk’s Λ = 0,214 dan p = 0,000) pada ranah kognitif, afektif dan psikomotorik antara unjuk kerja siswa yang mengalami pembelajaran dengan model PKUKS dibandingkan dengan unjuk kerja siswa yang pembelajarannya menggunakan model penilaian konvensional.

Item Type: Thesis (S3)
Uncontrolled Keywords: model penilaian komprehensif
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Kejuruan
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Penelitian dan Evaluasi Pendidikan
Depositing User: Users 57 not found.
Date Deposited: 11 Mar 2017 07:37
Last Modified: 06 Oct 2022 02:45
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/47848

Actions (login required)

View Item View Item