Pengembangan Bank Soal Berbasis Komputer dalam Upaya Pemetaan Kualitas Pendidikan Matematika Tingkat SMP/MTs di Daerah

Rasmuin, Rasmuin (2010) Pengembangan Bank Soal Berbasis Komputer dalam Upaya Pemetaan Kualitas Pendidikan Matematika Tingkat SMP/MTs di Daerah. S3 thesis, UNY.

[img] Text
disertasi-rasmuin-037126014.pdf
Restricted to Registered users only

Download (7MB)

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan yang bertujuan: (1) menghasilkan bank soal berbasis komputer (BSBK) yang dapat digunakan untuk pemetaan kualitas pendidikan matematika tingkat SMP/MTs di daerah; dan (2) menerapkan model pengelolaan BSBK untuk melakukan pemetaan kualitas pendidikan matematika tingkat SMP/MTs di daerah. Prosedur pengembangan meliputi lima tahapan, yakni: (1) tahap definisi; (2) tahap perancangan; (3) tahap peragaan; (4) tahap pengembangan; dan (5) tahap penyajian. Subjek yang terlibat dalam ujicoba produk adalah guru dan siswa SMP/MTs. Subjek yang terlibat dalam uji coba perorangan dan ujicoba kelompok kecil dipilih dengan teknik purposive sampling terdiri empat orang guru, masing-masing satu orang guru kelas VII, satu orang guru kelas VIII, satu orang guru kelas IX, dan satu orang guru yang mewakili sekolah. Subjek yang terlibat dalam ujicoba kelompok besar dipilih melalui tiga tahapan, yakni: (1) memilih empat SMP/MTs dengan teknik stratified random sampling, masing-masing satu SMP/MTS kategori baik, dua SMP/MTs kategori sedang, dan satu SMP/MTs kategori kurang baik dalam hal prestasi belajar matematika; (2) memilih tiga orang guru mata pelajaran matematika dan satu orang yang mewakili sekolah pada setiap SMP/MTS dengan teknik purposive sampling; (3) semua siswa yang diajar oleh guru kelas VII dan kelas VIII ditetapkan sebagai peserta dalam ujian lintas sekolah. Kesimpulan hasil penelitian ini adalah: (1) pengembangan BSBK dilakukan melalui kegiatan pelatihan yang melibatkan kelompok guru matematika tingkat SMP/MTs, ahli dalam mata pelajaran matematika, ahli kurikulum, ahli penilaian pendidikan, guru bahasa Indonesia, serta sosiolog atau budayawan lokal; (2) soal-soal yang tersimpan dalam database BSBK sebanyak 162 butir, memiliki measure antara -3,00 dan 3,00 logit. Paket-paket tes sumber soal-soal tersebut memiliki indeks item separation reliability (ISR) antara 0,96 dan 0,98, serta nilai informasi tes antara 6,32 dan 7,53 logit (berbeda sekitar 1,01 hingga 2,10 logit dari nilai informasi tes maksimum yang mungkin); (3) software BSBK memiliki tiga menu utama, masing-masing untuk administrator BSBK, pengguna kelompok guru, dan pengguna kelompok sekolah; (4) kelompok ahli dan praktisi memberikan penilaian yang baik serta konsisten terhadap koleksi soal BSBK ( 2 * ˆ p ρ =0,88), serta secara teknis software BSBK dinilai layak menjadi media pengadministrasian soal (0,72 ≤ 2* ˆ p ρ ≤ 0,83). Guru dan yang mewakili sekolah dalam kegiatan ujicoba produk memberikan penilaian yang cukup baik serta semakin konsisten (0,56 ≤ 2 * ˆ p ρ ≤ 0,88), seiring dengan perbaikan yang dilakukan terhadap produk BSBK; (5) measure butir soal produk BSBK relatif stabil setelah digunakan dalam ujian lintas sekolah. Estimasi kemampuan peserta yang diharapkan relatif sama dengan estimasi kemampuan peserta ujian lintas sekolah. Nilai informasi tes yang diharapkan relatif sama dengan nilai informasi tes setelah digunakan dalam ujian lintas sekolah. Hal ini berarti koleksi soal hasil pengembangan BSBK menjamin sifat invarians serta memberikan informasi pengukuran yang relatif stabil; dan (6) tingkat kemampuan matematika siswa kelas VII SMPN 4 Bau-Bau lebih tinggi dibandingkan dengan ketiga SMP lainnya. Tingkat kemampuan matematika siswa kelas VIII SMPN 1 Bau-Bau lebih tinggi dibandingkan dengan ketiga SMP lainnya. Secara keseluruhan, tingkat kemampuan matematika siswa kelas VII lebih tinggi dibandingkan dengan tingkat kemampuan matematika siswa kelas VIII.

Item Type: Thesis (S3)
Uncontrolled Keywords: bank soal, matematika
Subjects: Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Matematika
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Penelitian dan Evaluasi Pendidikan
Depositing User: Users 57 not found.
Date Deposited: 11 Mar 2017 07:20
Last Modified: 05 Oct 2022 07:27
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/47847

Actions (login required)

View Item View Item