Pengembangan Bahan Pelatihan Pemahaman Konsep Disiplin Pegawai Negeri Sipil dengan Pendekatan Contextual Teaching and Learning (CTL) Melalui CD Pembelajaran

Sumarni, Zaenati (2010) Pengembangan Bahan Pelatihan Pemahaman Konsep Disiplin Pegawai Negeri Sipil dengan Pendekatan Contextual Teaching and Learning (CTL) Melalui CD Pembelajaran. S2 thesis, UNY.

[img] Text
tesis-zaenati-sumarni-04707259042.swf

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mengungkapkan kelayakan produk tersebut sebagai sumber belajar dalam pembelajaran diklat, workshop, bimbingan teknis, bagi para pengelola kepegawaian, dan (2) mengetahui seberapa besar peningkatan yang dicapai dalam memahami konsep disiplin pegawai negeri sipil. Penelitian ini termasuk penelitian dan pengembangan melibatkan 45 responden. Sebelum uji coba, validasi dilakukan oleh, dua orang ahli materi untuk aspek isi materi, dan tiga orang ahli media untuk aspek media dan pembelajaran. Uji coba satu-satu dilakukan kepada 3 orang pebelajar individu pada SMK Panca Bhakti Banjarnegara, Uji coba kelompok kecil kepada 5 orang pebelajar pada Dinas Pendidikan, Pemuda dan Olah Raga Kabupaten Banjarnegara, dan uji coba lapangan kepada 32 orang pebelajar pada Badan Kepegawaian Daerah Kabupaten Banjarnegara. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini berupa angket dan wawancara,dengan kriteria penilaian meliputi aspek kualitas tampilan produk, dan aspek kualitas penyajian produk. Data dianalisis secara deskriptif kuantitatif untuk mengetahui kualitas dan kemenarikan CD pembelajaran. Untuk mengetahui ada tidaknya peningkatan pemahaman konsep, data diambil dari perbedaan persentase capaian pre-tes terhadap pos-tes. Hasil analisis menunjukkan bahwa pengembangan bahan pelatihan pemahaman konsep disiplin Pegawai Negeri Sipil dengan pendekatan Contextual Teaching and Learning (CTL) melalui CD pembelajaran pada aspek tampilan produk berada pada kategori bagus (dengan rerata skor 4,11), aspek kualitas penyajian produk berada pada kategori bagus (dengan rerata skor 4,2), dan 93,76% pebelajar menyatakan ketertarikannya pada produk. Capaian skor post-test terhadap pre-test diketahui meningkat dari 61,95% menjadi 89,14%, yang berarti terdapat peningkatan pemahaman sebesar 27,19%. Hasil tersebut menunjukkan bahwa pengembangan bahan pelatihan pemahaman konsep disiplin Pegawai Negeri Sipil dengan pendekatan Contextual Teaching and Learning (CTL) melalui CD pembelajaran layak digunakan sebagai media alternatif dalam memecahkan masalah belajar dan sumber belajar bagi pengelola kepegawaian umumnya dan atau Pegawai Negeri Sipil lainnya.

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: Contextual Teaching and Learning (CTL)
Subjects: Pendidikan > Teknologi Pendidikan
Divisions: Program Pascasarjana > Teknologi Pembelajaran
Depositing User: Users 57 not found.
Date Deposited: 11 Mar 2017 05:03
Last Modified: 29 Jan 2019 12:12
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/47840

Actions (login required)

View Item View Item