Pengembangan Multimedia Pembelajaran Sains di SD

Suyoto, Suyoto (2010) Pengembangan Multimedia Pembelajaran Sains di SD. S2 thesis, UNY.

[img] Text
tesis-suyoto-08707251009.swf

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk (1) mengembangkan software multimedia pembelajaran sains yang layak sebagai sumber belajar dalam pembelajaran sains di SD, dan (2) mengetahui peningkatan basil belajar siswa pada mata pelajaran sains. Penelitian ini menggunakan model penelitian dan pengembangan. Subyek dalam penelitian ini adalah anak usia SD kelas V yang berjumlah 57. Penelitian ini dilaksanakan di SD Negeri 4 Wates dengan menggunakan penelitian dan pengembangan. Pengembangan dilakukan dalam beberapa langkah, yaitu: (1) studi pendahuluan, (2) menganalisis materi pembelajaran (3) proses pengembangan, (4) uji lapangan, dan (5) diseminasi. Studi pendahuluan meliputi studi pustaka dan studi lapangan. Proses pengembangan meliputi analisis kebutuhan, analisis kemampuan, pengembangan desain multimedia, validasi ahli materi dan ahli media, hipotesis. Uji coba lapangan meliputi uji awal, uji lapangan utama dun uji lapangan operasional. Instrument yang digunakan dalam penelitian ini meliputi lembar evaluasi, lembar observasi dan pedoman wawancara. Hasil penelitian dan pengembangan menunjukkan bahwa pada umumnya semua aspek dalam multimedia pembelajaran yang dikembangkan sangat baik. Hasil penelitian menunjukan: (1) tahap pengembangan multimedia pembelajaran sains dilakukan melalui: pengembangan produk, uji lapangan, dan diseminasi; Hasil validasi ahli materi menujukkan bahwa aspek pembelajaran masuk kategori baik (rerata 4,00) dan aspek materi masuk kategori baik (rerata 3,86); hasil validasi ahli media menujukkan bahwa aspek tampilan masuk kategori sangat baik (rerata 4,66) dan aspek pemrograman masuk kategori sangat baik (rerata 4,60); hasil ujicoba lapangan menunjukan aspek pembelajaran masuk kategori sangat baik (rerata 4,41), aspek materi masuk kategori sangat baik (rerata 4,39) dan aspek media masuk kategori sangat baik (rerata 4,46), (2) penggunaan multimedia pada proses pembelajaran sains mampu meningkatkan hasil belajar siswa, terbukti dengan ketuntasan yang dicapai KKM 75, sebesar 72,89% dan ketuntasan semula 14,29% menjadi 87.18%. Berdasarkan rerata penilaian tersebut, maka multimedia pembelajaran yang dikembangkan dalam penelitian jul layak digunakan untuk pembelajaran sains di SD.

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: multimedia pembelajaran, sains
Subjects: Pendidikan > Teknologi Pendidikan
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Program Pascasarjana > Teknologi Pembelajaran
Depositing User: Users 57 not found.
Date Deposited: 11 Mar 2017 04:32
Last Modified: 29 Jan 2019 12:12
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/47838

Actions (login required)

View Item View Item