Pengembangan Multimedia Pembelajaran Bahasa Inggris dengan Program Macromedia Flash MX 2004 untuk Memotivasi dan Meningkatkan Hasil Belajar Siswa SMP

Sudaryanto, Sudaryanto (2010) Pengembangan Multimedia Pembelajaran Bahasa Inggris dengan Program Macromedia Flash MX 2004 untuk Memotivasi dan Meningkatkan Hasil Belajar Siswa SMP. S2 thesis, UNY.

[img] Text
tesis-sudaryanto-04707251015.swf

Download (5MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mengembangkan software dengan langkah–langkah yang sistematis sesuai dengan kaidah dalam mengembangkan multimedia pembelajaran bahasa Inggris dengan software macromedia Flash MX 2004 bagi siswa SMP, (2) mengetahui kelayakan software multimedia pembelajaran bahasa Inggris yang dikembangkan ditinjau dari aspek materi dan media (3) menumbuhkan motivasi siswa untuk belajar bahasa Inggris, dan (4) mengetahui peningkatan hasil belajar setelah siswa menggunakan multimedia pembelajaran bahasa Inggris. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan yang dilakukan dengan empat tahapan utama, yaitu: desain, produksi, evaluasi, dan revisi. Pada tahap desain dihasilkan desain pembelajaran dan desain software. Pada tahap produksi dihasilkan produk awal yang kemudian direview oleh ahli materi dan ahli media. Dari hasil review diadakan revisi sesuai dengan saran kedua ahli tersebut. Pada tahap evaluasi, produk diujicobakan pada siswa dalam tiga tahap. Tahap pertama diujicobakan secara individual terhadap 3 orang siswa, tahap kedua diujicobakan pada kelompok kecil berjumlah 12 orang, dan pada tahap ketiga diujicobakan pada kelompok besar berjumlah 40 orang siswa. Subyek ujicoba ini adalah siswa SMP kelas 7 semester 2. Data diperoleh dengan angket, lembar observasi, dan test. Skor diberikan dalam skala 1-5. Data kuantitatif dianalisa dengan statistik deskriptif, sedangkan saran–saran dijadikan dasar dalam merevisi produk multimedia. Hasil menunjukkan bahwa: (1) Software ini telah melalui langkah-langkah sistematis penelitian pengembangan yang secara garis besar meliputi: desain, produksi, evaluasi, dan revisi. (2) materi produk ini memiliki kebenaran konsep dengan kategori baik dengan skor rerata 3,86, (3) media produk ini masuk dalam kategori baik dengan skor 3,98, (4) berdasarkan ujicoba perorangan mencapai rerata skor 3,78 dengan kategori baik, (5) berdasarkan ujicoba kelompok kecil, produk ini masuk dalam kategori baik dengan rerata skor 3,78, dan (6) dari hasil ujicoba kelompok besar juga masuk dalam kategori baik dengan skor rata-rata 4,21. Berkaitan dengan aspek motivasi, terdapat 79,50% siswa menyatakan sangat setuju dan 20,50% siswa menyatakan setuju bahwa software ini dapat memotivasi siswa dalam belajar bahasa Inggris. Berdasarkan hasil pre-test dan post-test terdapat peningkatan hasil belajar sebesar 29,12%, dan terdapat 82,5% siswa mampu mencapai KKM yang ditetapkan sebesar 7,0. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa produk multimedia pembelajaran Bahasa Inggris ini telah memenuhi kaidah penelitian dan pengembangan, interaktif, dan efektif dipakai dalam proses pembelajaran bagi siswa SMP kelas 7 semester 2.

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: multimedia pembelajaran
Subjects: Pendidikan > Teknologi Pendidikan
Divisions: Program Pascasarjana > Teknologi Pembelajaran
Depositing User: Users 57 not found.
Date Deposited: 11 Mar 2017 03:41
Last Modified: 29 Jan 2019 12:12
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/47836

Actions (login required)

View Item View Item