Pengembangan E-Learning untuk Mendukung Pembelajaran Bahasa Arab di SMA

Sarini, Sarini (2010) Pengembangan E-Learning untuk Mendukung Pembelajaran Bahasa Arab di SMA. S2 thesis, UNY.

[img] Text
tesis-sarini-08707251015.swf

Download (3MB)

Abstract

Tujuan Penelitian ini ada tiga. Pertama, menghasilkan produk e-learning pembelajaran bahasa Arab bagi siswa SMA. Kedua, mengetahui produk e-learning sebagai sumber belajar bahasa Arab yang layak bagi siswa SMA. Ketiga, mengetahui kontribusi nyata hasil pengembangan produk e-learning pembelajaran bahasa Arab sebagai pendukung atau alat bantu bahan ajar selain media cetak dan dapat meningkatkan prestasi belajar siswa terhadap bahasa Arab. Jenis penelitian ini adalah penelitian dan pengembangan yang dilakukan dengan menempuh tiga tahapan, yaitu perencanaan, desain, dan pengembangan. Proses perencanaan adalah langkah awal memulai pengembangan yaitu mendefinisikan bidang/ruang lingku, mengidentifikasi karakteristik siswa, membuat dokumen perencanaan, menentukan sistem penyampaian (delivery system), mengatur interaksi, menentukan dan mengumpulkan sumber-sumber, menentukan Learning management System (LMS), menyusun, mengupload dan mengatur materi, melakukan brainstorming dan melakukan change management. Proses desain adalah langkah kedua, yang meliputi melakukan analisis kinerja, melakukan analisis konsep dan tugas yang berkaitan dengan materi, membuat tujuan pembelajaran, merancang jalur materi pembelajaran, mendesain tampilan awal (front fage), membuat isi materi dan tes, membuat flowchart dan storyboard. Proses akhir adalah proses pengembangan yaitu menyiapkan teks, menggabungkan bagian-bagian, menyiapkan materi-materi pendukung, membuat e-learning, menyusun, mengupload dan mengatur materi, melakukan uji alpha (evaluasi formatif), revisi pertama, melakukan uji beta, revisi akhir, melakukan evaluasi sumatif dengan mengadakan pretest dan posttest pada kelas uji coba. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Produk yang dikembangkan dengan LMS moodle menghasilkan e-learning pembelajaran bahasa Arab di SMA yang dapat di akses disitus http://arabiclanguage.moodlehub.com, sedangkan delivery system yang digunakan yaitu web based learning dan face to face (blended learning). Materi (content) didesain dalam bentuk multimedia linear dan interactive content serta text content (hyper text). (2) Secara umum kualitas media yang divalidasi oleh ahli media termasuk dalam kategori sangat baik dengan rerata 4,57. Kualitas materi yang divalidasi oleh ahli materi termasuk kategori sangat baik dengan rerata 4,79. Tanggapan dari siswa terhadap uji beta termasuk kriteria baik dengan rerata 3,79 dan hasil uji coba termasuk kriteria sangat baik dengan rerata 8,29. Hasil tersebut menunjukkan bahwa produk pengembangan e-learning pembelajaran bahasa Arab sudah layak digunakan sebagai sumber belajar dan sebagai alat bantu guru dalam proses pembelajaran. (3) Hasil belajar siswa saat pretest mencapai ketuntasan belajar sebesar 46 % sedangkan di saat posttest prestasi siswa meningkat dan mencapai ketuntasan sebesar 89%.

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: e-learning
Subjects: Pendidikan > Teknologi Pendidikan
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Program Pascasarjana > Teknologi Pembelajaran
Depositing User: Users 57 not found.
Date Deposited: 11 Mar 2017 03:24
Last Modified: 29 Jan 2019 12:12
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/47835

Actions (login required)

View Item View Item