Pengembangan Media Pembelajaran Menulis Surat Berbantuan Komputer untuk Peserta Didik SMK 1 Tanjungsari

Sahri, Sahri (2010) Pengembangan Media Pembelajaran Menulis Surat Berbantuan Komputer untuk Peserta Didik SMK 1 Tanjungsari. S2 thesis, UNY.

[img] Text
tesis-sahri-05707254003.swf

Download (8MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk (1) menghasilkan media pembelajaran keterampilan menulis berbantuan komputer untuk peserta didik SMK 1 Tanjungsari yang memenuhi unsur kelayakan dan (2) mengetahui tingkat keefektifan produk media pembelajaran keterampilan menulis berbantuan komputer untuk peserta didik SMK 1 Tanjungsari. Penelitian dan pengembangan ini dilakukan dalam enam tahap, yaitu: (1) analisis kebutuhan, (2) perencanaan pengembangan produk, (3) pengembangan produk, (4) uji coba produk, (5) produk akhir, serta (5) diseminasi dan implementasi. Uji coba produk meliputi uji coba ahli media dan ahli materi, uji coba satu-satu, uji coba kelompok kecil, dan uji coba lapangan. Subjek uji coba adalah peserta didik kelas XII SMK 1 Tanjungsari Gunungkidul. Data diperoleh melalui observasi, angket, wawancara, dan tes. Analisis data menggunakan teknik analisis deskriptif kuantitatif dengan cara mengubah data kualitatif ke dalam data kuantitatif. Selanjutnya, data tersebut diintepretasikan oleh pengembang. Data yang berupa saran atau masukan dijadikan dasar untuk merevisi produk. Hasil penelitian menunjukkan bahwa produk media pembelajaran menulis surat berbantuan komputer untuk peserta didik SMK 1 Tanjungsari memiliki tingkat kelayakan yang baik. Rata-rata tingkat kelayakan produk berdasarkan validasi ahli materi sebesar 4,56 atau kategori sangat baik; validasi ahli media 4,36 atau kategori sangat baik; uji coba satu-satu sebesar 4,43 atau kategori sangat baik; uji coba kelompok kecil sebesar 4,26 atau kategori sangat baik; dan uji coba lapangan sebesar 4,40 atau kategori sangat baik. Di sisi lain, produk media tersebut efektif untuk pembelajaran. Hal tersebut dibuktikan oleh hasil pretes dan postes. Untuk ranah kognitif, nilai rata-rata pretes sebesar 60, sedangkan nilai rata-rata postes sebesar 77,42 dengan tingkat ketuntasan 22,58% menjadi 93,5%. Nilai rata-rata aspek keterampilan menulis meningkat dari 67,96 menjadi 79,34 dengan tingkat ketuntasan 29,03% menjadi 100%.

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: multimedia pembelajaran
Subjects: Pendidikan > Teknologi Pendidikan
Divisions: Program Pascasarjana > Teknologi Pembelajaran
Depositing User: Users 57 not found.
Date Deposited: 11 Mar 2017 03:16
Last Modified: 29 Jan 2019 12:12
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/47834

Actions (login required)

View Item View Item