Pengembangan Multimedia Pembelajaran Tematik untuk Siswa Sekolah Dasar

Angralia, Retci (2010) Pengembangan Multimedia Pembelajaran Tematik untuk Siswa Sekolah Dasar. S2 thesis, UNY.

[img] Text
tesis-retci-angralia-08707251020.swf

Download (5MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan multimedia pembelajaran yang dapat digunakan sebagai pembelajaran tematik untuk siswa Sekolah Dasar. Penelitian ini dilaksanakan di Sekolah Dasar Negeri Percobaan 2 Depok Sleman Yogyakarta. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas 1 Sekolah Dasar dengan rentang usia 6-7 tahun. Penelitian ini merupakan penelitian dan pengembangan yang dilakukan dalam beberapa langkah yaitu: (1) perencanaan, (2) desain, dan (3) pengembangan. Perencanaan meliputi analisis kebutuhan, studi pustaka, studi lapangan, mengidentifikasi ruang lingkup, mengidentifikasi karakteristik siswa, dan mengumpulkan serta menentukan sumber-sumber. Desain meliputi membuat desain dokumen pembelajaran, menyiapkan deskripsi program, membuat flowchart, storyboard, dan evaluasi serta revisi. Pengembangan meliputi membuat teks dan bahan ajar, menggabungkan bagian-bagian dalam program Adobe CS3 Professional, melakukan evaluasi formatif dengan alpha tes, revisi pertama, dan melakukan evaluasi formatif dengan beta tes, serta revisi terakhir, sehingga menghasilkan produk akhir. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini meliputi lembar evaluasi, lembar observasi, dan pedoman wawancara. Hasil Penelitian dan pengembangan menunjukkan bahwa pada umumnya semua aspek dalam multimedia pembelajaran yang dikembangkan termasuk kategori sangat baik, dilihat dari hasil observasi maupun dari hasil evaluasi pendamping. Hasil observasi dilihat dari kualitas materi menunjukkan rerata penilaian sebesar 4,80; dari strategi pembelajaran menunjukkan rerata penilaian sebesar 4,66; dan dari kualitas teknis menunjukkan rerata penilaian sebesar 4,75. Hasil evaluasi pendamping dilihat dari kualitas materi menunjukkan penilaian sebesar 4,56; dari strategi pembelajaran menunjukkan rerata penilaian sebesar 4,55; dan dari kualitas teknis menjukkan penilaian sebesar 4,53. Seluruh rerata penilaian yang diperoleh termasuk ke dalam kategori sangat baik. Berdasarkan rerata penilaian tersebut, maka multimedia pembelajaran yang dikembangkan dalam penelitian ini layak digunakan sebagai media pembelajaran tematik untuk siswa Sekolah Dasar.

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: multimedia pembelajaran
Subjects: Pendidikan > Teknologi Pendidikan
Divisions: Program Pasca Sarjana > Program Pasca Sarjana: Teknologi Pembelajaran
Depositing User: Perpustakaan Program Pascasarjana UNY
Date Deposited: 11 Mar 2017 03:04
Last Modified: 11 Mar 2017 03:04
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/47833

Actions (login required)

View Item View Item