Pengembangan Multimedia Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Berbantuan Komputer (Materi Manusia dan Agama) Untuk Mahasiswa UNSIQ Jawa Tengah di Wonosobo

Aziz, Noor (2010) Pengembangan Multimedia Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Berbantuan Komputer (Materi Manusia dan Agama) Untuk Mahasiswa UNSIQ Jawa Tengah di Wonosobo. S2 thesis, UNY.

[img] Text
tesis-noor-aziz-04707259027.swf

Download (5MB)

Abstract

Tujuan penelitian ini secara umum adalah membuat media pembelajaran PAI untuk mahasiswa UNSIQ Jawa Tengah di Wonosobo menggunakan program komputer dan mengevaluasinya pada sampel mahasiswa dari target populasi. Secara khusus tujuan penelitian ini adalah mengungkapkan: (1) karakteristik media pembelajaran PAI, (2) pendapat mahasiswa terhadap media pembelajaran yang digunakan, dan (3) pendapat dosen mengenai media pembelajaran PAI berbantuan komputer tersebut. Subjek uji coba pada penelitian ini berjumlah 28 orang yang terdiri-dari 3 mahasiswa untuk uji coba satu satu, 5 mahasiswa untuk uji coba kelompok kecil, dan 20 mahasiswa untuk uji coba lapangan. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan kuesioner dan tes (pre-test dan post-test). Evaluasi terhadap program ditinjau dari aspek pembelajaran dan aspek media. Kritik dan saran digunakan untuk memperbaiki program. Hasil penelitian menunjukkan bahwa program media pembelajaran PAI untuk mahasiswa: (1) dirancang sesuai dengan prinsip-prinsip desain pembelajaran, (2) terbukti mampu menaikkan skor rerata tes mahasiswa sebesar 31,63%, (3) memiliki efisiensi waktu yang tinggi, (4) ditinjau dari aspek media dinilai cukup bagus/menarik dinilai/dikategorikan sedang) oleh mahasiswa, (5) ditinjau dari aspek pembelajaran secara keseluruhan program ini dinilai tinggi/jelas dimengerti oleh mahasiswa, (6) ditinjau dari aspek media dinilai menarik (bagus/kategori tinggi) oleh dosen PAI, dan (7) ditinjau dari aspek pembelajaran juga dinilai menarik (bagus/kategori tinggi) oleh dosen PAI.

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: multimedia pembelajaran, pendidikan agama Islam
Subjects: Pendidikan > Teknologi Pendidikan
Divisions: Program Pasca Sarjana > Program Pasca Sarjana: Teknologi Pembelajaran
Depositing User: Perpustakaan Program Pascasarjana UNY
Date Deposited: 11 Mar 2017 02:48
Last Modified: 11 Mar 2017 02:48
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/47832

Actions (login required)

View Item View Item