Pengembangan Multimedia Pembelajaran Berbantuan Komputer Mata Pelajaran Bahasa Arab Di Sekolah Menengah Pertama Islam Terpadu Bina Anak Sholeh Yogyakarta

Ghazali, Muh. Muhsin (2010) Pengembangan Multimedia Pembelajaran Berbantuan Komputer Mata Pelajaran Bahasa Arab Di Sekolah Menengah Pertama Islam Terpadu Bina Anak Sholeh Yogyakarta. S2 thesis, UNY.

[img] Text
tesis-muh-muhsin-ghazali-05707251011.swf

Download (6MB)

Abstract

Penelitan ini bertujuan untuk menghasilkan produk multimedia pembelajaran yang efektif untuk mata pelajaran bahasa Arab untuk SMP Islam Terpadu Bina Anak Sholeh Yogyakarta. Multimedia yang dikembangkan diharapkan: (1) bersifat interaktif, (2) mencakup berbagai komponen media yaitu teks, gambar, dan animasi sehingga dapat memudahkan siswa dalam memahami materi pembelajaran sehingga dapat meningkatkan prestasi belajar siswa. Penelitian ini merupakan penelitian dan pengembangan (research and development). Pengembangan multimedia ini dilakukan beberapa tahapan: pendahuluan, desain pembelajaran, desain produksi, evaluasi dan revisi. Setelah melalui tahap produksi menghasilkan produk awal yang divalidasi oleh ahli materi dan ahli media. Selanjutnya, produk diujicobakan pada siswa melalui dua tahap, yaitu uji coba kelompok kecil dan uji coba lapangan. Subjek uji coba produk adalah kelas VII SMP Islam Terpadu BIAS Yogyakarta. Data dikumpulkan melalui kuesioner, test, dan observasi. Data berupa hasil penilaian mengenai kualitas produk, saran untuk perbaikan produk, skor test, serta data kualitatif lainnya. Data kuantitatif dianalisis dengan statistik deskriptif. Saran-saran yang diperoleh digunakan sebagai dasar untuk merevisi produk. Hasil validasi oleh ahli materi adalah ”baik” (rerata skor 3,80), sedangkan ahli media menilai ”sangat baik” (rerata skor 4,77). Penilaian siswa pada uji coba lapangan mengenai kualitas multimedia adalah ”sangat baik”. Besarnya rerata skor adalah sebagai berikut: aspek tampilan memiliki rerata skor 4,67 termasuk dalam kriteria ”sangat baik”, aspek isi/materi memiliki rerata skor 4,45 termasuk kategori ”sangat baik”, dan aspek pembelajaran memiliki rerata skor 4,47 termasuk kategori ”sangat baik”. Rerata skor secara keseluruhan sebesar 4,53 yang termasuk dalam kriteria “sangat baik”. Dari test yang dilaksanakan diperoleh rerata skor pre-test sebesar 5,56 dan rerata skor post-test 8,23, kenaikan rerata skor 2,67, yang berarti sebanyak 97,14% siswa mencapai kompetensi. Jadi, dapat disimpulkan bahwa produk media pembelajaran yang dikembangkan efektif untuk digunakan dalam proses pembelajaran bahasa arab SMP Islam Terpadu Bina Anak Soleh Yogyakarta.

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: multimedia pembelajaran
Subjects: Pendidikan > Teknologi Pendidikan
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Program Pascasarjana > Teknologi Pembelajaran
Depositing User: Users 57 not found.
Date Deposited: 11 Mar 2017 02:39
Last Modified: 29 Jan 2019 12:12
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/47831

Actions (login required)

View Item View Item