Pengembangan Multimedia Pembelajaran Sains yang Humanistik di Sekolah Dasar

Palopo, Krispinus (2010) Pengembangan Multimedia Pembelajaran Sains yang Humanistik di Sekolah Dasar. S2 thesis, UNY.

[img] Text
tesis-krispinus-palopo-08707251014.swf

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: (1) menganalisis kelayakan multimedia pembelajaran sains SD, (2) menganalisis efektivitas multimedia pembelajaran sains yang dikembangkan, dan (3) mengidentifikasi nilai-nilai humanistik sebagai ikutan dalam penggunaan media yang dikembangkan dengan menggunakan multimedia pembelajaran sains. Jenis penelitian ini adalah penelitian dan pengembangan (R&D), yang dilakukan melalui empat tahapan, yaitu penelitian pendahuluan, perencanaan pengembangan, produksi/pengembangan media, dan evaluasi media. Subjek penelitian adalah siswa kelas V SD Tarakanita Bumijo Yogyakarta. Responden dalam penelitian ini sebanyak 74 orang, yang terdiri dari 2 orang validator, 3 siswa untuk uji coba satu-satu, 12 siswa untuk uji coba kelompok kecil, dan 57 siswa untuk uji coba lapangan. Aspek yang dinilai meliputi aspek media, aspek materi dan aspek pembelajaran. Data hasil penilaian tersebut dianalisis secara deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) kualitas aspek media berdasarkan validasi ahli media mencapai rata-rata 4,53 atau kategori sangat baik, (2) kualitas aspek materi dan pembelajaran berdasarkan validasi ahli materi mencapai rata-rata 3,95 atau kategori baik, (3) berdasarkan penilaian siswa terhadap aspek media, aspek materi dan aspek pembelajaran diperoleh rata-rata skor 4,19 atau kategori baik, (4) hasil belajar kognitif siswa meningkat sebesar 45,46%, dan (5) nilai-nilai humanistik terwujud dalam pembelajaran yang menyenangkan, manfaat materi pembelajaran, kemudahan belajar dan kemandirian belajar dengan rata-rata skor keseluruhan aspek humanistik 4,29 atau kategori Sangat baik. Hasil penelitian tersebut menunjukkan bahwa produk pengembangan multimedia pembelajaran sains untuk SD layak digunakan sebagai media pembelajaran.

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: multimedia pembelajaran, sains
Subjects: Pendidikan > Teknologi Pendidikan
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Program Pascasarjana > Teknologi Pembelajaran
Depositing User: Users 57 not found.
Date Deposited: 11 Mar 2017 02:29
Last Modified: 29 Jan 2019 12:12
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/47830

Actions (login required)

View Item View Item