Ririn Sakuntala, Ririn Sakuntala (2016) LAPORAN INDIVIDU KEGIATAN PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL). Project Report. LPPMP, Universitas Negeri Yogyakarta.
|
Text
13203241029_Ririn Sakuntala.pdf Download (3MB) | Preview |
Abstract
Universitas Negeri Yogyakarta merupakan universitas dengan latar belakang pendidikan yang mempunyai tugas menyiapkan serta menghasilkan calon guru/pendidik yang memiliki sikap, pengetahuan dan keterampilan sebagai tenaga pendidik yang profesional. Dalam menyiapkan tenaga pendidik, UNY memberikan pengetahuan dan keterampilan kepada para mahasiswa mengenai proses belajarmengajar melalui mata kuliah pendidikan. Melalui mata kuliah pendidikan tersebut diharapkan mampu memberi bekal yang cukup kepada para mahasiswa untuk menghadapi dunia kerja di bidang pendidikan secara khusus dan dunia kerja secara umum. Mata kuliah yang diselenggarakan meliputi mata kuliah teori, praktek dan mata kuliah lapangan. Salah satu contoh mata kuliah lapangan yang wajib lulus adalah Praktek Pengalaman Lapangan (PPL). Program PPL (Praktik Pengalaman Lapangan) adalah program kegiatan Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) yang tujuannya adalah mengembangkan kompetensi mengajar mahasiswa sebagai calon guru/pendidik atau tenaga kependidikan. Kegiatan yang termasuk lingkup PPL diarahkan ke pelatihan pengalaman profesionalisme dan pembelajaran. PPL bertujuan mengasah keterampilan mahasiswa dan kompetensinya baik kompetensi kepribadian ,pedagogik, profesional, dan sosial serta dapat mengasah keterampilan mahasiswa dalam mengajar dan melakukan pembelajaran yang baik khususnya pembelajaran bahasa Jerman. . Kegiatan praktik pengalaman lapangan ini dilakukan di SMA N 1 Imogiri ini dilakukan sekitar kurang lebih 2 bulan mulai dari tanggal 15 Juli 2016 sampai 15 September 2016. Dalam kegiatan PPL ini,terdapat beberapa kegiatan yang dilakukan oleh mahasiswa yaitu meliputi kegiatan praktik mengajar di kelas dan praktik kegiatan sekolah. Kegiatan praktik mengajar di kelas berupa praktik langsung mengajar di kelas dengan dibimbing oleh Guru Pembimbng yaitu Titiek Indrayati, S. Pd. Tujuan dari kegiatan ini adalah agar mahasiswa mendapatkan pengalaman langsung dalam mengajar. Pada kesempatan ini praktikan mendapat kesempatan untuk mengajar di kelas X yaitu kelas X-3, X-5 dan X-7. Sementara kegiatan praktik persekolahan dimaksudkan agar mahasiswa praktikan mampu mengenal manajemen sekolah dan melakukan kegiatan di luar belajar mengajar. Kegiatan ini juga meliputi piket guru dan piket perpustakaan serta kegiatan lain yang diselenggarakan di SMA N 1 Imogiri. Langkah awal yang harus dilakukan mahasiswa adalah observasi langsung ke sekolah untuk melakukan identifikasi kondisi awal yang ada dan dimiliki masyarakat sekolah. Mengamati berbagai hal yang berkaitan dengan persekolahan yang langsung atau tidak langsung berkaitan dengan kegiatan pembelajaran, baik yang berupa sumber daya manusia maupun yang lain termasuk program-program yang ada. Kemudian dilaksanakan kegiatan mengajar di kampus bersama dosen Micro Teaching dan para mahasiswa lain dalam rangka persiapan praktik mengajar di sekolah. Dalam kegiatan praktik mengajar di sekolah, secara langsung mahasiswa dibimbing oleh guru pembimbing dan dosen pembimbing. Mahasiswa juga berperan dalam kegiatan persekolahan lainnya seperti piket harian, piket perpustakaan, dan lain-lain. Dengan adanya pengalaman tentang penyelanggaraan praktik mengajar di sekolah diharapkan mahasiswa mempunyai bekal untuk menjadi tenaga pendidik yang profesional.Setelah melaksanakan praktik mengajar sebanyak 21 kali pertemuan di kelas dan melakukan kegiatan praktik persekolahan maka didapatkan hasil bahwa mahasiswa mendapatkan pengalaman dalam mengajar pembelajaran bahasa Jerman dalam kelas yang berjalan sesuai dengan RPP. Adapun metode yang digunkan untuk pengajaran dikelas yaitu menggunakan metode yang lebih efektif, kreatif dan inofativ sehingga dalam proses belajar mengajar berjalan dengan baik dan menghasilkan hasil yang baik pula. Metode yang digunakan yaitu antar lain metode Kooperatif Learning dengan berbagaai tipe yaitu antara lain tipe Snowball Throwing, Talking Stick, Number Heads Together dan juga menggunakan metode diskusi. Dengan metode ini diharapkan peserta didik lebih antusias dan semangat untuk mengikuti proses belajar mengajar dan juga diharapkan dengan penggunaan metode ini hasil yang didapatkan akan lebih maksimal, dalam hal ini yaitu siswa paham dan mengerti dengan pelajaran Bahasa Jerman, dan mendapatkan nilai diatas KKM (Kriteria Ketuntasan Minimal). Dalam kegiatan PPL ini juga terdapat beberapa hamabatan namun hambatan yang ada dapat dipecahkan berkat beberapa bantuan dari Guru pembimbing dan DPL Pembimbing Lapangan sehingga kegiatan PPL dapat berjalan dengan lancar dan memberikan manfaat yang banyak untuk mahasiswa calon pendidik. Hambatan ini dijadikan sebagai sebuah pengalaman berharga sebagai bekal menghadapi realita dunia pendidikan sebenarnya Secara keseluruhan program kerja PPL terlaksana dengan baik, meskipun masih ada kekurangan. Dimulai dengan persiapan PPL berupa pembuatan buku kerja guru yang berisi tentang Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP), agenda pembelajaran, program tahunan, program semester, kisi-kisi soal, soal ulangan harian dan juga melakukan kegiatan remidi dan pengayaan untuk siswa.
Item Type: | Monograph (Project Report) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | PPL UNY 2016, SMA Negeri I Imogiri |
Subjects: | LPPMP |
Divisions: | LPPMP - Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan |
Depositing User: | LPPMP |
Date Deposited: | 10 Mar 2017 06:19 |
Last Modified: | 01 Oct 2019 11:39 |
URI: | http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/47827 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |