LAPORAN PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN PERIODE 15 JULI s.d 15 SEPTEMBER 2016 SEKOLAH MENENGAH ATAS NEGERI 2 BANGUNTAPAN

RIZKY WAHYUDI, RIZKY WAHYUDI (2016) LAPORAN PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN PERIODE 15 JULI s.d 15 SEPTEMBER 2016 SEKOLAH MENENGAH ATAS NEGERI 2 BANGUNTAPAN. Project Report. LPPMP, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
PPL_UNY_RIZKY WAHYUDI_12203244019.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Praktek Pengalaman Lapangan merupakan salah satu kegiatan wajib yang dilaksanakan oleh mahasiswa untuk mencapai gelar sarjana, mencakup latihan mengajar secara terbimbing, terpadu, maupun tugastugas keguruan dan kependidikan lain untuk memenuhi persyaratan profesi kependidikan. Visi dari Praktek Pengalaman Lapangan (PPL) adalah wahana pembentukan calon guru atau tenaga kependidikan yang professional.Praktek Pengalaman Lapangan (PPL) dilaksanakan di SMA Negeri 2 Banguntapan, tepatnya di Dusun Glondong, Kelurahan Wirokerten, Kecamatan Banguntapan, Bantul ini dimulai pada tanggal 18 Juli 2016 sampai dengan tanggal 15 September2016. Praktek Pengalaman Lapangan (PPL) ini merupakan kegiatan pembelajaran di sekolah. Dalam kegiatan ini hal yang perlu dipersiapkan diantaranya pembuatan Analisis Keterkaitan antara SKL, KI, dan KD, pembuatan RPP, pembuatan dan persiapan media pembelajaran, ringkasan materi maupun bahan ajar, dll.Dalam bimbingan PPL, mahasiswa mendapatkan kesempatan melaksanakan pembelajaran di kelas XI IPS 3. Kurikulum yang digunakan adalah Kurikulum KTSP.Mahasiswa menggunakan metode ceramah, metanya jawab, metode diskusi.Dalam proses pembelajaran ini Praktikan mendapatkan pengalaman yang menarik dengan metode apapun asalkan melibatkan siswa aktif dalam pembelajaran Bahasa Jerman.Pada tahap pelaksanaan , mahasiswa mengajar sebanyak 6 kali dengan alokasi masing-masing 2 jam pelajaran setiap pertemuan. Dalam melaksanakan Praktik Pengalaman Lapangan terdapat beberapa hambatan, mulai dari siswa yang tidak mempunyai minat dibidang BAHASA, sampai progam KKN PPL yang pada tahun ajaran 2016-2017 ini dijadikan satu. Akan tetapi semua hambatan itu bisa diatasi dengan baik oleh mahasiswa.Hasilyang diperoleh dari kegiatan PPL yaitu Mahasiswa mendapatkan pengalaman nyata berkaitan dengan proses perencaan, penyusunan perangkat pembelajaran , proses pembelajaran dan pengelolaan kelas.

Item Type: Monograph (Project Report)
Uncontrolled Keywords: PPL UNY 2016, SMA Neegeri 2 Banguntapan, Bahasa Jerman.
Subjects: LPPMP
Divisions: LPPMP - Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan
Depositing User: LPPMP
Date Deposited: 10 Mar 2017 02:56
Last Modified: 01 Oct 2019 11:39
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/47820

Actions (login required)

View Item View Item