LAPORAN PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL) PERIODE 18 JULI s.d 15 SEPTEMBER 2016

Rahmawati Nur S, Rahmawati Nur S (2016) LAPORAN PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL) PERIODE 18 JULI s.d 15 SEPTEMBER 2016. Project Report. LPPMP, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
PPL_UNY_RAHMAWATI NUR SYAHIDAH_13406241063.pdf

Download (6MB) | Preview

Abstract

Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) merupakan suatu wadah untuk menerapkan/mengaplikasikan ilmu yang selama ini telah dipelajari dalam bidang keahlian maupun ilmu keguruan yang berkaitan dengan peserta didik dalam proses belajar mengajar. Praktik pengalaman lapangan atau praktik mengajar ini mulai dilaksanakan pada tanggal 18 Juli s.d. 15 September 2016 berlokasi di SMA N 2 Banguntapan. Dalam praktik mengajar mahasiswa terlebih dahulu melaksanakan persiapan pembelajaran, yaitu membuat perencanaan pembelajaran dimulai dengan membuat rencana pelaksanaan pembelajaran sampai dengan evaluasi yang dilaksanakan. Kemudian melakukan koordinasi dan konsultasi kepada guru pembimbing di sekolah tersebut. Dalam bimbingan PPL, mahasiswa (penulis) mendapatkan kesempatan untuk melaksanakan pembelajaran di kelas X IPS 1, X IPS 3, X IPS 4, X IPA 2 dan X IPA 4. Kurikulum yang digunakan adalah Kurikulum 2013 (K13). Begitu pula dengan penulisan Rencana Pelaksanaan Pembelajarannya (RPP), penggunaan metode pembelajaran yang diterapkan adalah dengan metode Problem Discovery Learning dan Cooperative Learning. Sedangkan media yang digunakan adalah White Board, LCD, spidol, lembar kerja, kertas bergambar, bola kertas dan mengadakan tugas individu untuk mengetahui sejauh mana kemampuan siswa dalam memahami materi yang telah disampaikan. Pada tahap pelaksanaan, mahasiswa diberi kesempatan mengajar minimal sebanyak 8 kali dalam praktiknya, penyusun telah mengajar sebanyak 25 kali pertemuan dengan alokasi masing-masing 2 jam pelajaran setiap pertemuan. Secara keseluruhan, program-program yang telah terlaksana, dapat berjalan dengan baik. Hal ini tidak terlepas dari bantuan semua pihak yang terkait. Hasil yang diperoleh dari kegiatan PPL yaitu mahasiswa mendapatkan pengalaman nyata berkaitan dengan perencanaan, penyusunan perangkat pembelajaran, proses pembelajaran dan pengelolaan kelas. Keberhasilan pelaksanaan PPL ini hendaknya disikapi oleh pihak Universitas Negeri Yogyakarta dengan meningkatkan jalinan komunikasi dan kerjasama dengan SMA N 2 Banguntapan agar pelaksanaan PPL di masa mendatang akan lebih baik dan bermanfaat bagi pengembangan sekolah, siswa dan mahasiswa praktikan.

Item Type: Monograph (Project Report)
Uncontrolled Keywords: Praktik Pengalaman Lapangan, Sejarah, SMA 2 Banguntapan
Subjects: LPPMP
Divisions: LPPMP - Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan
Depositing User: LPPMP
Date Deposited: 10 Mar 2017 02:46
Last Modified: 01 Oct 2019 11:39
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/47819

Actions (login required)

View Item View Item