LAPORAN KEGIATAN PRAKTEK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL) DI SMA NEGERI 2 BANGUNTAPAN

Linda Indriawati, Linda Indriawati (2016) LAPORAN KEGIATAN PRAKTEK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL) DI SMA NEGERI 2 BANGUNTAPAN. Project Report. LPPMP, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
PPL_UNY_LINDA INDRIAWATI_13304241039.pdf

Download (7MB) | Preview

Abstract

Program PPL (Praktek Pengalaman Lapangan) merupakan suatu program untuk memperoleh pengalaman secara langsung di lapangan/lingkungan sekolah untuk membentuk calon guru atau tenaga kependidikan yang profesional. Selain itu Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) bertujuan melatih mahasiswa dan menerapkan pengetahuan serta kemampuan yang dimiliki dalam suatu proses pembelajaran. Hal ini diperlukan agar mahasiswa memiliki pengalaman yang dapat dipakai sebagai bekal untuk mengembangakn potensinya. Kegiatan PPL di SMA Negeri 2 Banguntapan ini dilaksanakan pada tanggal 18 Juli sampai dengan 15 September 2016. Sebelum pelaksanaan kegiatan PPL, mahasiswa terlebih dahulu melakukan persiapan seperti pengajaran mikro, pembekalan, dan observasi. Para mahasiswa praktik mengajarkan materi sesuai dengan bidang keahliannya. Kegiatan Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) yang dilaksanakan meliputi praktik mengajar dan non-mengajar, seperti piket guru, membantu perpustakaan/piket perpustakaan, serta pembuatan perangkat pembelajaran yang meliputi Program Tahunan (PROTA), Program Semester (PROSEM), Silabus, Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP), dan media pembelajaran, dan melaksanakan administrasi guru. Kegiatan yang dilakukan dalam PPL adalah mengajar mata pelajaran Biologi di kelas XI IPA 1, XI IPA 3, dan XI IPA 4 menggunakan kurikulum KTSP. Selain melakukan praktik mengajar mahasiswa juga melakukan praktik persekolahan seperti mengikuti upacara bendera setiap Senin dan hari besar Nasional seperti hari kemerdekaan Republik Indonesia pada tanggal 17 Agustus, juga mengikuti kepanitiaan dalam lomba yang diadakan oleh sekolah. Melalui kegiatan PPL ini banyak sekali manfaat yang dapat diambil oleh mahasiswa dalam hal mengajar maupun non-mengajar. Melalui kegiatan PPL ini juga dapat memberikan bekal kepada mahasiswa untuk dapat mencapai sebuah proses pembelajaran yang optimal dan persiapan mengajar yang optimal.

Item Type: Monograph (Project Report)
Uncontrolled Keywords: Biologi, guru dan Praktik Pengalaman Lapangan (PPL).
Subjects: LPPMP
Divisions: LPPMP - Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan
Depositing User: LPPMP
Date Deposited: 10 Mar 2017 01:40
Last Modified: 01 Oct 2019 11:37
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/47812

Actions (login required)

View Item View Item