LAPORAN PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN PERIODE 15 JULI s.d 15 SEPTEMBER 2016 SEKOLAH MENENGAH ATAS NEGERI 2 BANGUNTAPAN

Ika Putri Utami, Ika Putri Utami (2016) LAPORAN PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN PERIODE 15 JULI s.d 15 SEPTEMBER 2016 SEKOLAH MENENGAH ATAS NEGERI 2 BANGUNTAPAN. Project Report. LPPMP, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
PPL_UNY_IKA PUTRI UTAMI_13303241005.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Praktek Pengalaman Lapangan merupakan salah satu kegiatan wajib yang dilaksanakan oleh mahasiswa untuk mencapai gelar sarjana, mencakup latihan mengajar secara terbimbing, terpadu, maupun tugastugas keguruan dan kependidikan lain untuk memenuhi persyaratan profesi kependidikan. Visi dari Praktek Pengalaman Lapangan (PPL) adalah wahana pembentukan calon guru atau tenaga kependidikan yang professional. Praktik Pengalaman Lapangan dilaksanakan pada tanggal 18 Juli 2016 sampai dengan 15 September 2016 berlokasi di SMA N 2 Banguntapan. Hal-hal yang dilakukan mahasiswa sebelum melaksanakan program mengajar adalah membuat program tahunan, program semester, silabus pendidikan, rancangan pelaksanaan pembelajaran (RPP) dan berkonsultasi kepada guru pembimbing di sekolah. Dalam Pelaksanaan Praktik Pengalaman Lapangan, mahasiswa (penulis) mendapat kesempatan untuk mengajar X IIS 1 dan menggunakan kurikulum 2013 yang terbaru. Model Pembelajaran yang dipakai selama mengajar adalah Scientific Approach dan Discovery Learning. Dalam proses pembelajaran, media yang dipakai adalah LCD, Proyektor, White Board. Mahasiswa mengajar sebanyak 6 kali mengajar terbimbing. Dalam melaksanakan Praktik Pengalaman Lapngan terdapat beberapa hambatan, mulai dari siswa yang tidak mempunyai minat dibidang IPA, sampai progam KKN PPL yang pada tahun ajaran 2016-2017 ini dijadikan satu. Akan tetapi semua hambatan itu bisa diatasi dengan baik oleh mahasiswa. Hasil yang diperoleh dari kegiatan PPL yaitu mahasiswa mendapatkan pengalaman nyata tentang mengajar, mulai dari pengelolaan kelas, pengelolaan alokasi waktu, penyampaian materi yang baik dan penyusunan perangkat pembelajaran. Program-program yang telah terlaksana merupakan indikasi keberhasilan semua pihak yang terkait. Setelah masa PPL diharapkan akan terus terus berusaha untuk mengembangkan bakat dan kemampuannya di semua bidang, menemukan cara belajar yang efektif, dan menerapkan proses pengajaran baik disekolah maupun diluar sekolah. Keberhasilan pelaksanaan PPL ini hendaknya disikapi oleh pihak Universitas Negeri Yogyakarta dengan meningkatkan jalinan komunikasi dan kerjasama dengan SMA Negeri 2 Banguntapan agar pelaksanaan PPL di masa mendatang akan lebih baik dan bermanfaat bagi pengembangan sekolah, siswa dan mahasiswa praktikan.

Item Type: Monograph (Project Report)
Uncontrolled Keywords: PPL, SMA N 2 Banguntapan, program-program kerja
Subjects: LPPMP
Divisions: LPPMP - Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan
Depositing User: LPPMP
Date Deposited: 10 Mar 2017 01:13
Last Modified: 01 Oct 2019 11:36
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/47810

Actions (login required)

View Item View Item