LAPORAN KEGIATAN PENGALAMAN LAPANGAN SMA NEGERI 2 BANGUNTAPAN

GALIH RESTU NUGRAHA ADJIE, GALIH RESTU NUGRAHA ADJIE (2016) LAPORAN KEGIATAN PENGALAMAN LAPANGAN SMA NEGERI 2 BANGUNTAPAN. Project Report. LPPMP, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
PPL_UNY_GALIH RESTU NUGRAHA ADJIE_13413241055.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Praktik Pengalaman Lapangan adalah salah satu mata kuliah wajib lulus bagi mahasiswa Strata 1 program studi kependidikan Universitas Negeri Yogyakarta. Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) ini merupakan wadah untuk mengaplikasikan ilmu yang telah dipelajari di bangku kuliah sebagai seorang pendidik. PPL menghadapkan pada interaksi langsung dengan siswa, guru, dan juga kultur sekolah. Pada tahun akademik ini, kegiatan PPL dilaksanakan berbarengan dengan KKN. Kegiatan PPL dilaksanakan selama dua bulan terhitung dari tanggal 18 Juli 2016 hingga 15 September 2016. Kegiatan PPL berlokasi di SMA N 2 Banguntapan. Sebelum melakukan kegiatan belajar mengajar, kegiatan PPL diawali dengan kegiatan observasi pra PPL. Kegiatan PPL tahun ini meliputi : observasi, pembuatan perangkat pembelajaran, kegiatan belajar mengajar, hingga evaluasi pembelajaran. Seluruh kegiatan tersebut dikoordinasi dan dikonsultasikan dengan guru pembimbing di sekolah serta Dosen Pembimbing Lapangan (DPL). Dalam pelaksanaan PPL ini, mahasiswa (penulis) berkesempatan untuk melakukan kegiatan belajar mengajar di kelas X MIPA 1, X MIPA 3 dan X MIPA 4. kurikulum yang digunakan di sekolah ini adalah Kurikulum 2013, sehingga penyusunan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) disesuaikan dengan Kompetensi Inti dan Kompetensi Dasar pada Kurikulum 2013. Media pembelajaran yang digunakan meliputi permainan ballontable. Peralatan yang digunakan antara lain LCD, proyektor, white board, spidol. Dalam ketentuan PPL mahasiswa praktikan diwajibkan mengajar selama minimal 8 kali tatap muka. Alokasi waktu setiap pertemuan adalah 3 jam pelajaran. Jadi dalam satu minggu mahasiswa praktikan mengajar 9 jam pelajaran. Hasil yang diperoleh dari kegiatan PPL yaitu mahasiswa mendapatkan pengalaman nyata berkaitan dengan perencanaan, penyusunan perangkat pembelajaran, proses pembelajaran dan pengelolaan kelas, serta evaluasi pembelajaran. Selain itu mahasiswa juga mendapatkan ilmu tentang bagaimana cara berinteraksi dan mengelola siswa di luar kelas. Karena guru tidak hanya memberikan ilmu dikelas namun juga mendidik siswa di luar kelas.

Item Type: Monograph (Project Report)
Uncontrolled Keywords: Praktik Pengalaman Lapangan, Perangkat Pembelajaran, Proses Pembelajaran.
Subjects: LPPMP
Divisions: LPPMP - Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan
Depositing User: LPPMP
Date Deposited: 09 Mar 2017 09:01
Last Modified: 01 Oct 2019 11:35
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/47799

Actions (login required)

View Item View Item