LAPORAN INDIVIDU KEGIATAN PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN SMA NEGERI 2 BANGUNTAPAN

Avionita Pramesari, Avionita Pramesari (2016) LAPORAN INDIVIDU KEGIATAN PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN SMA NEGERI 2 BANGUNTAPAN. Project Report. LPPMP, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
PPL_UNY_AVIONITA PRAMESARI_13303244012.pdf

Download (4MB) | Preview

Abstract

Berdasarkan hasil observasi pembelajaran kimia di kelas X MIPA 2 SMA Negeri 2 Banguntapan, diketahui bahwa siswa kurang bersemangat dalam proses pembelajaran. Berdasarkan hasil wawancara dengan beberapa siswa, diperoleh informasi bahwa siswa merasa materi kimia itu sulit dan membosankan. Hal inilah yang menjadi fokus mahasiswa praktikan PPL untuk menyusun strategi dalam proses pembelajaran yang sesuai dengan kriteria siswa X MIPA 2 dan kurikulum yang digunakan. Strategi pembelajaran kimia yang digunakan dalam proses pembelajaran tertuang di dalam langkah-langkah dalam Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP). Adapun program mengajar yang telah mahasiswa laksanakan sebanyak 4 kali dengan materi Struktur Atom dan satu kali tatap muka untuk evaluasi pembelajaran, berupa ulangan harian. Metode pembelajaran yang efektif digunakan untuk siswa kelas X MIPA 2 yaitu cooperative learning, dimana siswa diberikan video dan berdiskusi bersama kelompoknya untuk membahas pertanyaan yang tertera di dalam Lembar Kerja Siswa (LKS). Hasil ulangan harian yaitu sebanyak 1 siswa yang belum mencapai nilai KKM yaitu 65, dan 1 siswa yang memperoleh nilai tertinggi yaitu 94. Secara keseluruhan, program kerja PPL terlaksana dengan baik. Kegiatan non mengajar yang dilaksanakan seperti piket KBM, piket perpustakaan, pendampingan lomba memperingati hari kemerdekaan, pendampingan lomba MTQ, upacara setiap senin pagi, apel, dan keputrian setiap hari jumat.

Item Type: Monograph (Project Report)
Uncontrolled Keywords: PPL, pembelajaran kimia, X MIPA 2, SMA Negeri 2 Banguntapan
Subjects: LPPMP
Divisions: LPPMP - Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan
Depositing User: LPPMP
Date Deposited: 09 Mar 2017 06:10
Last Modified: 01 Oct 2019 11:33
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/47794

Actions (login required)

View Item View Item