TINGKAT PEMAHAMAN GURU PENDIDIKAN JASMANI SEKOLAH DASAR TERHADAP PERATURAN PERMAINAN BOLAVOLI MINI SE-KECAMATAN BAMBANGLIPURO BANTUL

Rizki, Iryandi (2017) TINGKAT PEMAHAMAN GURU PENDIDIKAN JASMANI SEKOLAH DASAR TERHADAP PERATURAN PERMAINAN BOLAVOLI MINI SE-KECAMATAN BAMBANGLIPURO BANTUL. S1 thesis, Fakultas Ilmu Keolahragaan.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI.pdf

Download (9MB) | Preview

Abstract

Permasalahan penelitian adalah masih ada guru yang belum memahami dan bisa membedakan antara peraturan bola voli mini dengan bola voli besar. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui besarnya tingkat pemahaman guru Pendidikan Jasmani terhadap peraturan permainan bola voli mini di SD Negeri se Kecamatan Bambanglipuro Bantul. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif. Teknik pengumpulan datanya menggunakan tes dalam bentuk soal. Populasi penelitian adalah seluruh Guru Penjas SD se-Kecamatan Bambanglipuro Bantul. Instrumen penelitian adalah soal sebanyak 35 butir dengan opsi pilihan jawaban benar dan salah. Instrumen telah diujicobakan dengan tujuan untuk mengetahui tingkat kesukaran soal tes, daya pembeda butis soal, validitas dan pembuktian reliabilitas. Keseluruhan 35 soal hasilnya valid (tidak ada yang gugur) dan pembuktian reliabilitas instrumen telah memenuhi syarat, karena hasil pengujian koefisien reliabilitas instrumen di atas koefisien reliabilitas minimal, yaitu (0,71 > 0,6). Teknik pengumpulan data dengan metode tes. Teknik analisis data menggunakan deskriktif kuantitatif dengan presentase. Hasil penelitian menunjukkan bahwa besarnya tingkat pemahaman guru Pendidikan Jasmani terhadap peraturan permainan bola voli mini di SD Negeri se- Kecamatan Bambanglipuro Bantul, untuk kategori “sangat tinggi” sebanyak 6 guru atau sebesar 33,33 %; kategori “tinggi” sebanyak 2 guru atau sebesar 11,11 %; kategori “sedang” sebanyak 3 guru atau sebesar 16,67 %; kategori “rendah” sebanyak 3 guru atau sebesar 16,67 %; dan ketegori “sangat rendah” sebanyak 4 guru atau sebesar 22,22 %.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Pemahaman, Guru Penjas, Peraturan, Bolavoli Mini
Subjects: Olahraga > Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi
Divisions: Fakultas Ilmu Keolahragaan dan Kesehatan (FIKK) > Pendidikan Jasmani Sekolah Dasar
Depositing User: Perpustakaan FIK
Date Deposited: 14 Mar 2017 06:01
Last Modified: 30 Jan 2019 13:31
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/47785

Actions (login required)

View Item View Item