LAPORAN INDIVIDU PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN UNIVERSITAS NEGERI YOGYAKARTA

Irfandi Cahyanto, Irfandi Cahyanto (2016) LAPORAN INDIVIDU PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN UNIVERSITAS NEGERI YOGYAKARTA. Project Report. LPPMP, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
PENDIDIKAN SEJARAH_IRFANDI CAHYANTO_13406241048.pdf

Download (11MB) | Preview

Abstract

Pendidikan pada dasarnya merupakan sebuah kebutuhan penting bagi setiap manusia. Pendidikan menjadi suatu klasifikasi bagi seseorang untuk bisa berkerja dan mendapatkan pekerjaan. Oleh sebab itu pendidikan juga menjadi asset yang penting bagi setiap manusia. Pendidikan yang berkualitas unggul merupakan sebuah dambaan bagi setiap manusia karena akan menentukan kedudukan dan standar pekerjaan yang akan dia terima. Universitas Negeri Yogyakarta selalu melalukan peningkatan taraf kompetensi pendidikan bagi setiap mahasiswanya. Hal itu dilakukan agar semua mahasiswa Universitas Negeri Yogyakarta dapat menjadi pendidik dan pengajar yang memiliki kualitas yang unggul serta profesional. Dalam pembelajaran kuliahnya terdapat Program Pengalaman Lapangan (PPL) yang merupakan salah satu dari usaha yang diupayakan oleh Universitas Negeri Yogyakarta untuk mengasah kemampuan mahasiswa-mahasiswi dalam praktik mengajar serta memberikan pengalaman bagi mereka sebelum terjun ke lapangan pekerjaan. Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) kali ini dilaksanakan pada semester khusus yaitu tanggal 15 Juli sampai 16 September 2016. Mahasiswa yang mengambil jurusan kependidikan di Universitas Negeri Yogyakarta diharuskan wajib tempuh serta lulus pada mata kuliah Program PPL. Pada program PPL 2016, penulis diterjunkan oleh LPPMP di SMA Negeri 2 Bantul yang berlokasi di Jl. R.A. Kartini Trirenggo, Bantul, Bantul. Program PPL yang dilaksanakan ini bermaksud untuk memberikan pengetahuan dan pengalaman nyata bagi mahasiswa serta diharapkan dapat mampu menerapkan berbagai ilmu yang pernah diperoleh di kampus. Dalam pelaksanaan kegiatan PPL ini tahap awal dilakukan suatu observasi hingga pelaksanaan PPL yang terbagi menjadi beberapa tahap yaitu persiapan mengajar, pelaksanaan mengajar, dan evaluasi hasil mengajar. Observasi yang dilaksanakan pada tanggal 22 Juli 2016 diketahui terdapat beberapa permasalahan di sekolah maupun potensi yang sebenarnya dapat dikembangkan di sekolah tetapi belum diberdayakan. Kegiatan PPL yang dilakukan meliputi tahap persiapan, praktik mengajar, dan analisis hasil. Praktik mengajar dilaksanakan tanggal 15 Juli 2016 sampai 15 September 2016. Dalam tahap pelaksanaan, mahasiswa diberi kesempatan mengajar sebanyak 8 kali. Pelaksanaan PPL selama yang kurang lebih 2 bulan di SMA Negeri 2 Bantul ini mahasiswa dapat dipetik hasilnya yaitu berupa penerapan ilmu pengetahuan dan praktik keguruan dalam bidang Pendidikan Sejarah yang diperoleh di bangku perkuliahan. Meskipun demikian, tetap masih ada hambatan dalam pelaksanaan PPL.

Item Type: Monograph (Project Report)
Uncontrolled Keywords: PPL, Praktik, Mengajar, Lapangan.
Subjects: LPPMP
Divisions: LPPMP - Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan
Depositing User: LPPMP
Date Deposited: 09 Mar 2017 00:45
Last Modified: 01 Oct 2019 11:36
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/47775

Actions (login required)

View Item View Item