LAPORAN INDIVIDU PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL) PERIODE 15 JULI – 15 SEPTEMBER 2016

Wahyu Rama Pradipta, Wahyu Rama Pradipta (2016) LAPORAN INDIVIDU PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL) PERIODE 15 JULI – 15 SEPTEMBER 2016. Project Report. LPPMP, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
PENDIDIKAN EKONOMI_WAHYU RAMA PRADIPTA_13804241030.pdf

Download (4MB) | Preview

Abstract

Praktik Pengalaman Lapangan merupakan kegiatan yang dilaksanakan untuk mengembangkan ketrampilan mahasiswa sebagai calon pendidik. Kegiatan Praktik Pengalaman Lapangan diharapkan dapat memberikan pengalaman kepada mahasiswa secara langsung dalam kegiatan belajar mengajar dan praktik di sekolahan, serta dapat memperluas wawasan.Program ini adalah mata kuliah 3 SKS wajib yang tempuh untuk jenjang S-1 kependidikan termasuk Universitas Negeri Yogyakarta.Kegiatan ini memberikan pengalaman bagi mahasiswa kependidikan yang akan menjalani profesi sebagai pendidik dalam rangka mengembangkan kompetensi pedagogik, kepribadian, sosial dan profesional.Adapaun tujuan dari Kegiatan Praktik Pengalaman Lapangan diantaranya untuk mencetak calon-calon tenaga pendidik dan pengajar yang profesional di bidang yang ditekuninya masing-masing. Kegiatan PPL dilaksanakan pada tanggal 15 Juli hingga 15 September 2016. Praktik pengalaman lapangan yang dilakukan di SMA Negeri 2 Bantul meliputi kegiatan praktik pengembangan perangkat pembelajaran, praktik mengajar di kelas dan praktik persekolahan. Praktik mengajar di kelas bertujuan agar mahasiswa memperoleh pengalaman mengajar secara langsung di lembaga pendidikan. Pada kesempatan ini praktikan mengajar mata pelajaran Ekonomi yang dilakukan dalam pembelajaran di kelas X IIS 1 dan X IIS 2.Kegiatan mengajar di kelas telah dilaksanakan sebanyak 7 kali pertemuan dan beberapa kali praktek mengajar insidental di beberapa kelas lain.Kegiatan PPL ini memberikan manfaat yang besar bagi mahasiswa. Aplikasi ilmu selama di kampus benar-benar diterapkan saat PPL berlangsung dan Mahasiswa memperoleh pengalaman secara nyata tentang kondisi sebenarnya di sekolah dan mengikuti kultur sekolah yang menjadi tempat kegiatan berlangsung. Hasil yang diperoleh dari kegiatan PPL tersebut siswa-siswi SMA N 2 Bantul memiliki kesungguhan motivasi belajar yang tinggi didukung oleh program dan juga dukungan dari pihak sekolah untuk sarana dan prasarana secara profesional sehingga mampu menghasilkan output yang baik.

Item Type: Monograph (Project Report)
Subjects: LPPMP
Divisions: LPPMP - Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan
Depositing User: LPPMP
Date Deposited: 09 Mar 2017 00:22
Last Modified: 01 Oct 2019 11:42
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/47771

Actions (login required)

View Item View Item