LAPORAN INDIVIDU PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN UNIVERSITAS NEGERI YOGYAKARTA LOKASI: SMA NEGERI 2 BANTUL JL. R.A. KARTINI TRIRENGGO BANTUL, BANTUL DAERAH ISTIMEWA YOGYAKARTA

Desi Nugraheni, Desi Nugraheni (2016) LAPORAN INDIVIDU PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN UNIVERSITAS NEGERI YOGYAKARTA LOKASI: SMA NEGERI 2 BANTUL JL. R.A. KARTINI TRIRENGGO BANTUL, BANTUL DAERAH ISTIMEWA YOGYAKARTA. Project Report. LPPMP, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
PENDIDIKAN BIOLOGI_DESI NUGRAHENI_13304241006.pdf

Download (8MB) | Preview

Abstract

Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) merupakan praktik latihan kependidikan yang dilaksanakan mahasiswa dari program studi kependidikan Universitas Negeri Yogyakarta. Tujuan dari PPL adalah dapat memberikan pengalamanan kepada mahasiswa dalam pembelajran dan manajemen di sekolah sehingga dapat melatih dan mengembangkan kompetensi keguruan atau kependidikan.. Dengan demikian, mahasiswa dapat menerapkan ilmu dan keterampilan yang telah diperoleh di dalam perkuliahan secara nyata. Kegiatan Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) Universitas Negeri Yogyakarta semester khusus tahun 2016 berlokasi di SMA Negeri 2 Bantul dilaksanakan mulai tanggal 15 Juli 2016 hingga 15 September 2016. Terdapat 22 mahasiswa yang mengikuti PPL di SMA Negeri 2 Bantul yang terbagi ke dalam 11 program studi, yaitu Pendidikan Biologi, Pendidikan Kimia, Pendidikan Fisika, Pendidikan Ekonomi, Pendidikan Sejarah, Pendidikan Kewarganegaraan, Pendidikan Sosiologi, Pendidikan Geografi, Pendidikan Olahraga, Pendidikan Bahasa Inggris, dan Pendidikan Bimbingan dan Konseling. Praktik mengajar dimulai dari tanggal 2 Agustus sampai dengan 9 September 2016, dilakukan sebanyak 22 kali pertemuan dengan rincian berikut: 6 kali pertemuan di kelas XII MIPA 5, XII MIPA 6, dan XII MIPA 7, serta 1 kali pertemuan di kelas XII MIPA 1, MIPA 2, MIPA 3, MIPA 4. Pokok bahasan yang diajarkan meliputi menjelaskan konsep enzim dan peranannya dalam metabolisme (3 kelas), menjelaskan konsep dan proses katabolisme karbohidrat (3 kelas), menjelaskan konsep anabolisme dan proses fotosintesis sebagai bentuk anabolisme (3 kelas), melaksanakan percobaan katalase (4 kelas). Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) dapat terlaksana dengan baik. Hambatan yang ditemui mahasiswa praktik dalam PPL, yaitu 1. Mahasiswa praktik kurang menguasai kelas. 2. Penyampaian materi yang terlalu cepat sehingga menyulitkan siswa untuk memahami konsep yang diberikan. 3. Kurang variatifnya media yang digunakan, terutama karena topik yang dibahas merupakan topik rumit (melibatkan proses kimiawi yang berlangsung secara mikroskopis). Secara garis besar, program-program yang telah direncanakan untuk pembelajaran telah berjalan dengan baik dan lancar. Adanya hambatan dalam pelaksanaan kegiatan merupakan hal yang wajar. Praktikan berharap semoga laporan ini dapat bermanfaat bagi semua pihak

Item Type: Monograph (Project Report)
Uncontrolled Keywords: Mengajar, PPL, Praktik
Subjects: LPPMP
Divisions: LPPMP - Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan
Depositing User: LPPMP
Date Deposited: 09 Mar 2017 00:09
Last Modified: 01 Oct 2019 11:34
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/47769

Actions (login required)

View Item View Item