PENGEMBANGAN APLIKASI EDUKATIF BERBASIS ANDROID DAN DESKTOP “EDCOUNTING-APP” SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN AKUNTANSI KEUANGAN SISWA KELAS XI AK SMK NEGERI 7 YOGYAKARTA TAHUN AJARAN 2016/2017

KUDIASANTI, RR. TRIANINA ARINI (2017) PENGEMBANGAN APLIKASI EDUKATIF BERBASIS ANDROID DAN DESKTOP “EDCOUNTING-APP” SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN AKUNTANSI KEUANGAN SISWA KELAS XI AK SMK NEGERI 7 YOGYAKARTA TAHUN AJARAN 2016/2017. S1 thesis, Fakultas Ekonomi.

[img]
Preview
Text
Skripsi RR Trianina Arini 13803244001 Diksi B FE UNY.pdf

Download (12MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk 1) Mengembangkan aplikasi edukatif berbasis Android dan Desktop “Edcounting-App” sebagai media pembelajaran Akuntansi Keuangan, 2) Mengetahui penilaian dari ahli materi, ahli media dan dan praktisi pembelajaran Akuntansi Keuangan mengenai kelayakan aplikasi edukatif berbasis Android dan Desktop “Edcounting-App” sebagai media pembelajaran Akuntansi Keuangan, 3) Mengetahui penilaian siswa kelas XI Ak SMK Negeri 7 Yogyakarta mengenai kelayakan aplikasi edukatif berbasis Android dan Desktop “Edcounting-App” sebagai media pembelajaran Akuntansi Keuangan. Metode penelitian yang digunakan dalam pengembangan aplikasi edukatif berbassis Android dan Desktop “Edcounting-App” sebagai media pembelajaran Akuntansi Keuangan adalah jenis penelitian pengembangan dengan metode ADDIE. Subjek penelitian yang terlibat adalah ahli media, ahli materi, dan praktisi pembelajaran Akuntansi Keuangan, dan siswa kelas XI Ak SMK Negeri 7 Yogyakarta, sedangkan objek yang diteliti adalah kelayakan aplikasi edukatif berbasis Android dan Desktop “Edcounting-App” sebagai media pembelajaran Akuntansi Keuangan yang meliputi aspek rekayasa perangkat lunak, aspek komunikasi visual, aspek materi, aspek soal, aspek kebahasaan, aspek keterlaksanaan, dan aspek desain pembelajaran. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan menunjukkan bahwa 1) Pengembangan aplikasi edukatif berbasis android dan desktop “Edcounting-App” menggunakan model pengembangan ADDIE yaitu analisis (analysis), desain (design), pengembangan (development), implementasi (implementation), dan evaluasi (evaluation). 2) Penilaian siswa kelas XI Ak 1 dan XI Ak 2 SMK Negeri 7 Yogyakarta yang terdiri dari 54 siswa memperoleh nilai rata-rata seluruh aspek sebesar 2,99 yang termasuk dalam kategori Layak. 3) Berdasarkan seluruh penilaian dari ahli media sebesar 3,44, penilaian dari ahli materi sebesar 3, penilaian dari praktisi pembelajaran Akuntansi sebesar 2,93, dan penilaian siswa kelass XI Ak SMK Negeri 7 Yogyakarta sebesar 2,99, maka aplikasi edukatif berbasis Android dan Desktop “Edcounting-App” Layak dipergunakan sebagai media pembelajaran Akuntansi Keuangan.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Aplikasi Edukatif “Edcounting-App”, Android dan Desktop, Media, ADDIE.
Subjects: Umum > Penelitian
Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Ilmu Sosial > Ekonomi > Akuntansi
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Pendidikan Akuntansi
Depositing User: Admin Akuntansi FE
Date Deposited: 08 Mar 2017 06:21
Last Modified: 30 Jan 2019 13:29
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/47760

Actions (login required)

View Item View Item