LAPORAN INDIVIDU PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL) DI SMK NEGERI 1 PUNDONG

Andri Setyawan, Andri Setyawan (2016) LAPORAN INDIVIDU PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL) DI SMK NEGERI 1 PUNDONG. Project Report. LPPMP, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
13518241030_Andri Setyawan_PT Mekatronika.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Program Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) merupakan program pembelajaran dengan tujuan mengembangkan kompetensi mahasiswa sebagai calon guru atau pendidik atau tenaga kependidikan dan dilaksanakan oleh mahasiswa program studi kependidikan. Standar Kompetensi PPL dirumuskan guru sebagai anggota masyarakat yakni kompetensi pedagogik, kompetensi professional, dan kompetensi social. Kegitan PPL dilaksanakan di SMK Negeri 1 Pundong yang beralamat di Dusun Menang, Srihardono, Pundong, Bantul berlangsung dari tanggal 15 Juli hingga 15 September 2016. Tahapan-tahapan yang dilakukan dalam kegiatan yaitu persiapan, pelaksanaan, dan evaluasi. Tahap pertama yaitu persiapan berupa observasi, antara lain: observasi sekolah, observasi kelas, dan penyusunan administrasi mengajar. Tahapan kedua adalah pelaksanaan berupa mengajar terbimbing dengan mata pelajaran Teknik Pemrograman dan Teknik Mikroprosesor sesuai kesepakatan antara mahasiswa dengan guru pembimbing, kelas yang diampu ialah kelas X TAV A dan X TAV B, serta melaksanakan pendampingan (pembelajaran team teaching) pada mata pelajaran Elektronika Dasar dan Teknik Listrik, yang bertujuan untuk membantu mahasiswa PPL yang lain ketika mengajar. Tahap ketiga adalah evaluasi, kegiatan ini bertujuan untuk mengetahui tingkat kepahaman siswa terkait materi yang diberikan selama kegiatan PPL. Selain melaksanakan KBM mahasiswa PPL juga melaksanakan piket, antara lain jaga gerbang di pagi hari, UKS, BK, TU, Ruang Piket, Perpustakaan, dan Piket di kantor Jurusan. Kegiatan PPL di SMK N 1 Pundong selama dua bulan berjalan dengan baik dan memberikan manfaat serta pengalaman bagi penulis, baik yang berhubungan dengan kegiatan belajar mengajar maupun kegiatan di luar kelas yang sifatnya terpadu antara praktik, teori, serta pengembangan lebih lanjut dan merupakan penerapan teori yang telah didapatkan di bangku perkuliahan sebagai sarana untuk mendapatkan pengalaman faktual mengenai proses pembelajaran dan pendidikan lainya, sehingga dapat menyiapkan pendidik professional.

Item Type: Monograph (Project Report)
Uncontrolled Keywords: SMK N 1 Pundong, Kegiatan PPL, Teknik Pemrograman, Teknik Mikroprosesor.
Subjects: LPPMP
Divisions: LPPMP - Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan
Depositing User: LPPMP
Date Deposited: 08 Mar 2017 06:07
Last Modified: 01 Oct 2019 11:33
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/47758

Actions (login required)

View Item View Item