LAPORAN PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL) LOKASI SMK NEGERI 1 PUNDONG

JALLI KHOIRUL LATIF, JALLI KHOIRUL LATIF (2016) LAPORAN PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL) LOKASI SMK NEGERI 1 PUNDONG. Project Report. LPPMP, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
13501241035_Jalli Khoirul Latif_PT Elektro.pdf

Download (13MB) | Preview

Abstract

Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) merupakan mata kuliah yang bertujuan untuk mengembangkan kemampuan mahasiswa dibidang kependidikan, mulai dari menyusun administrasi pembelajaran, melaksanakan pembelajaran hingga evaluasi pembelajaran. Kegiatan PPL dilaksanakan di SMK N 1 Pundong yang bertempat di Dusun Menang, Srihardono, Pundong, Bantul, DI yogyakarta mulai tanggal 18 Juli 2016 sampai dengan 15 September 2016. Dalam melaksanakan kegiatan PPL melalui beberapa tahapan. Tahapan pertama yaitu persiapan yang meliputi observari sekolah, observasi kelas dan penyusunan administrasi mengajar. Tahap kedua berupa palaksanaan yang berupa mengajar terbimbing maupun tidak terbimbing dengan mata pelajaran Simulasi Digital kelas X TITL A dan X TITL B. Tahap ketiga yaitu evaluasi, kegiatan ini bertujuan untuk mengetahui tingkat keberhasilan dari pembelajaran yang telah dilakukan. Selain kegiatan-kegiatan tersebut selama dilaksanakannya progam PPL mahasiswa praktikan juga mendapat tugas dari sekolah berupa piket di bagian-bagian sekolah, proyek jurusan dan pelatihan Edmodo dan Moodle. Tingkat keberhasilan proses belajar mengajar dapat diketahui salah satunya dari penilaian kinerja mahasiswa praktikan yang diikuti oleh 56 siswa, penilaian tersebut meliputi beberapa aspek yaitu: 1) Aspek kemampuan membuka pelajaran sebanyak 32% siswa menilai sangat baik, 63% menilai baik, dan 5% menilai kurang baik. 2) Aspek sikap dalam proses pembelajaran sebanyak 33% siswa menilai sangat baik, 59% menilai baik, 7% menilai kurang baik, dan 1% siswa menilai tidak baik. 3) Aspek penguasaan bahan ajar sebanyak 38% siswa menilai sangat baik, 55% menilai baik, dan 7% menilai kurang baik. 4) Aspek kegiatan belajar mengajar sebanyak 22% siswa menilai sangat baik, 70% menilai baik, 7% menilai kurang baik, dan 1% siswa menilai tidak baik. 5) Aspek kemampuan menggunakan media pembelajaran sebanyak 28% siswa menilai sangat baik, 61% menilai baik, 10% menilai kurang baik, dan 1% siswa menilai tidak baik. 6) Aspek evaluasi pembelajaran sebanyak 21% siswa menilai sangat baik, 68% menilai baik, dan 11% menilai kurang baik. 7) Aspek kemampuan menutup pembelajaran sebanyak 35% siswa menilai sangat baik, 59% menilai baik, 5% menilai kurang baik, dan 1% siswa menilai tidak baik. 8) Aspek tindak lanjut sebanyak 41% siswa menilai sangat baik, 45% menilai baik, 11% menilai kurang baik, dan 3% siswa menilai tidak baik. Dari keseluruhan kegiatan PPL yang telah dilaksanakan secara umum berjalan dengan baik dan lancar, meskipun terdapat beberapa hambatan akan tetapi dengan bantuan guru pembimbing dan dosen pembimbing hambatan-hambatan tersebut dapat diatasi dengan baik.

Item Type: Monograph (Project Report)
Uncontrolled Keywords: SMK N 1 Pundong, Simulasi Digital, Praktik Pengalaman Lapangan
Subjects: LPPMP
Divisions: LPPMP - Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan
Depositing User: LPPMP
Date Deposited: 08 Mar 2017 03:23
Last Modified: 01 Oct 2019 11:36
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/47753

Actions (login required)

View Item View Item