LAPORAN INDIVIDU PRAKTEK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL) TAHUN PELAJARAN 2016/2017 Lokasi : SMK N 1 PUNDONG Menang,Srihardono,Pundong,Bantul,Daerah Istimewa Yogyakarta 55771 (0274)6464184

Febriantoro, Febriantoro (2016) LAPORAN INDIVIDU PRAKTEK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL) TAHUN PELAJARAN 2016/2017 Lokasi : SMK N 1 PUNDONG Menang,Srihardono,Pundong,Bantul,Daerah Istimewa Yogyakarta 55771 (0274)6464184. Project Report. LPPMP, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
10518244014_Febriantoro_PT Mekatronika.pdf

Download (17MB) | Preview

Abstract

Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) merupakan salah satu mata kuliah wajib yang harus ditempuh. Tujuan kegiatan PPL adalah Penulis dapat mengenali sekolah tempat praktik PPL, membuka-menutup pelajaran, memberi pelajaran dengan variasi model pembelajaran, melakukan interaksi dan melaksanakan RPP, menjelaskan dan memberi penguatan materi pembelajaran dengan menggunakan media pembelajaran, menggunakan bahasa, penampilan dan gerak, dan penggunaan waktu selang, melaksanakan evaluasi dan menganalisis hasil prestasi belajar peserta didik, menganalisis kompetensi pendidik dilihat dari angket penilaian peserta didik kepada penulis. Kegiatan PPL ini penulis mendapat kesempatan praktik di SMK Negeri 1 Pundong yang ber-alamat di Menang,Srihardono,Bantul Yogyakarta. Program PPL ini dilaksanakan pada tanggal 16 Juli - 16 September 2016. Tahapan yang dilakukan selama PPL yaitu pertama tahap persiapan terdiri dari: kegiatan pembelajaran mikro, pembekalan, hingga observasi kelas. Tahap kedua pelaksanaan PPL terdiri dari kegiatan pembuatan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP), praktik mengajar di kelas serta pembuatan administrasi guru. Pada waktu pelaksanaan penulis mengampu mata pelajaran Gambar Teknik dan Teknik Kerja Bengkel untuk Kelas X TAV A,dan X TAV B. Tahap ketiga adalah: penyabaran angket penilaian, dan tahap terakhir adalah pembuatan laporan sebagai bentuk pertanggungjawaban. Hasil akhir pelaksanaan kegiatan PPL SMK N 1 Pundong berada dilokasi yang cukup strategis dan memiliki banyak fasilitas yang menunjang kegiatan belajar mengajar peserta didik di Sekolah. Siswa mendapatkan hasil yang memuaskan dengan menggunakan model pembelajaran cooperative learning dan menggunakan media pembelajaran. Selama penulis melaksanaan praktik mengajar RPP yang dibuat sebanyak 4 buah dengan ketentuan satu RPP digunakan untuk satu atau dua kali pertemuan. Penulis dalam penggunaan bahasa kurang di mengerti oleh peserta didik, kurang santai dan kurang tegas dalam mengatur peserta didik. Hasil dari prestasi belajar peserta didik pengelompokan nilai akhir peserta didik yang termasuk kelompok tinggi di kelas X TAV A sebanyak: 3 peserta didik dan di kelas X TAV B sebanyak: 10 peserta didik. Nilai akhir pengelompokan sedang di kelas X TAV A sebanyak: 28 peserta didik dan di kelas X TAV B sebanyak: 21 peserta didik. Dan nilai akhir pengelompokan rendah di kelas TAV A dan Kelas X TAV B sebanyak: 1 peserta didik. Hasil angket penilaian dari peserta didik sebagai berikut: penilaian pada proses pembelajaran mendapat penilaian sebesar 81%, penilaian pada hubungan kepribadian mendapat penilaian sebesar 82%, dan penilaian pada hubungan sosial mendapat penilaian sebesar 85%.

Item Type: Monograph (Project Report)
Uncontrolled Keywords: PPL, Model, dan Prestasi Belajar Peserta didik
Subjects: LPPMP
Divisions: LPPMP - Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan
Depositing User: LPPMP
Date Deposited: 08 Mar 2017 00:28
Last Modified: 01 Oct 2019 11:35
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/47744

Actions (login required)

View Item View Item