LAPORAN AKHIR PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN SD NGOTO KABUPATEN BANTUL

Restu Waras Toto, Restu Waras Toto (2016) LAPORAN AKHIR PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN SD NGOTO KABUPATEN BANTUL. Project Report. LPPMP, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
LAP_PPL_RESTU WARAS TOTO_13108241031_PGSD.pdf

Download (5MB) | Preview

Abstract

Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) Universitas Negeri Yogyakarta merupakan program yang disusun dalam rangka meningkatkan kualitas mahasiswa pada program studi yang ditekuninya. Program PPL dilaksanakan pada semester khusus tahun ajaran 2016/2017. Sebagai wujud nyata pelaksanaan PPL, UNY bekerja sama dengan SD Ngoto yang ditunjuk sebagai salah satu satuan pendidikan untuk melaksanakan PPL bagi mahasiswa praktikan. PPL bertujuan untuk memberikan pengalaman langsung kepada mahasiswa praktikan agar dapat mengaplikasikan ilmu yang selama ini diperoleh dalam kegiatan perkuliahan. Selain itu, PPL juga bertujuan untuk meningkatkan kesiapan mahasiswa praktikan sebelum memasuki dunia kerja setelah lulus nantinya. Kegiatan PPL di SD Ngoto dimulai pada hari Senin, 18 Juli 2016 hingga berakhir padahari Kamis, 15 September 2016. Program PPL terdiri dari dua besaran program, yaitu program mengajar dan program nonmengajar. Program mengajar merupakan program utama mahasiswa praktikan. Program ini terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi pembelajaran. Program mengajar diwujudkan dalam 10 kali mengajar yang terdiri dari 4 kali mengajar terbimbing, 4 kali mengajar mandiri, dan 2 kali mengajar ujian. Adapun praktik mengajar yang dilakukan mahasiswa praktikan yaitu kelas II B dan III B untuk kelas rendah, sedangkan praktik mengajar untuk kelas tinggi dilaksanakan di kelas V A, VI A, dan VI B dengan memperhatikan keseimbangan antara mata pelajaran eksakta dan non eksakta. Program nonmengajar merupakan program kerja yang bersifat menunjang pelaksanaan PPL. Mahasiswa praktikan telah menempuh jam kerja selama 292,15 jam sehingga telah memenuhi jam kerja minimal yaitu 240 jam. Program PPL di SD Ngoto secara keseluruhan berjalan dengan baik dan lancar. Walaupun terdapat beberapa permasalahan dan kendala saat dilapangan, semuanya dapat diselesaikan dengan baik berkat sinergi antara mahasiswa praktikan, dosen pembimbing lapangan (DPL), kepala sekolah, guru pamong, guru kelas, dan siswa-siswi SD Ngoto.

Item Type: Monograph (Project Report)
Uncontrolled Keywords: DPL, guru, mengajar, Ngoto, nonmengajar, pamong, PPL
Subjects: LPPMP
Divisions: LPPMP - Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan
Depositing User: LPPMP
Date Deposited: 08 Mar 2017 00:16
Last Modified: 01 Oct 2019 11:39
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/47742

Actions (login required)

View Item View Item