VITA KUSUMANINGTYAS, VITA KUSUMANINGTYAS (2016) LAPORAN INDIVIDU PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL) Periode 15 Juli 2016 – 15 September 2016 SMA NEGERI 1 SANDEN. Project Report. LPPMP, Universitas Negeri Yogyakarta.
![]() |
Text
RPP Sanden Co la famille.docx Download (40kB) |
|
![]() |
Text
RPP Sanden CE la famille fix.docx Download (1MB) |
|
![]() |
Text
RPP Sanden EE la famille 2.docx Download (40kB) |
|
![]() |
Text
RPP Sanden EE la famille fix.docx Download (46kB) |
|
![]() |
Text
RPP Sanden EO la famille.docx Download (55kB) |
|
![]() |
Text
DIALOGUE FAMILLE.docx Download (14kB) |
|
![]() |
Text
Evaluasi ce.docx Download (226kB) |
|
![]() |
Text
Les Vocabulaires.docx Download (16kB) |
|
![]() |
Text
materi ce.docx Download (13kB) |
|
![]() |
Text
materi ce ips.docx Download (45kB) |
|
![]() |
Text
materi ipa4.docx Download (12kB) |
|
![]() |
Text
Scrambe famille.docx Download (16kB) |
|
![]() |
Text
Kondisi Sekolah.docx Download (103kB) |
|
![]() |
Text
observASI LEMBAGA.docx Download (98kB) |
|
![]() |
Text
Pembelajaran dikelas dan Siswa.docx Download (45kB) |
|
![]() |
Text
1 VISI DAN MISI SMA NEGERI 1 SANDEN.docx Download (12kB) |
|
![]() |
Text
2 MARS SMA NEGERI 1 SANDEN.docx Download (12kB) |
|
![]() |
Text
5 DAFTAR MAHASISWA PPL.docx Download (13kB) |
|
|
Text
6 Kalender pendidikan.pdf Download (1MB) | Preview |
|
![]() |
Text
11 Soal UH IPA 3.docx Download (658kB) |
|
![]() |
Text
11 Soal UH Kunci jawaban.docx Download (13kB) |
|
![]() |
Text
12 KISI fix.docx Download (16kB) |
|
![]() |
Text
16 MATRIK PROGRAM KERJA PPL.docx Download (44kB) |
|
![]() |
Text
17 LAPORAN MINGGUAN.docx Download (70kB) |
|
![]() |
Text
19 REKAPITULASI KEGIATAN PPL.docx Download (90kB) |
|
![]() |
Text
21 Dokumentasi.docx Download (1MB) |
|
![]() |
Text
22 LAPORAN DANA PELAKSANAAN PPL.doc Download (75kB) |
|
![]() |
Text
BAB I.doc Download (102kB) |
|
![]() |
Text
BAB II.doc Download (153kB) |
|
![]() |
Text
BAB III, DAFTAR PUSTAKA.doc Download (42kB) |
|
![]() |
Text
JUDUL LAPORAN INDIVIDU PPL.docx Download (218kB) |
Abstract
PPL (Praktik Pengalaman Lapangan) merupakan salah satu wujud dari Tri Darma Perguruan Tinggi yang berbunyi “Pendidikan dan Pengajaran”. Dengan adanya program ini mahasiswa dapat mengembangkan serta menerapkan ilmu yang telah didapatnya selama kuliah kepada para siswa di sekolah. Mahasiswa berperan sebagai guru yang sebenarnya di dalam kelas. Adapun kelas yang harus diajar adalah kelas X, XI dan XII. Mahasiswa berkoordinasi dengan penyelenggara PPL (LPPMP UNY) dan mendapat bimbingan serta pengarahan sehingga mahasiswa dapat melaksanakan program PPL dengan baik. Selalin itu, mahasiswa juga berkoordinasi dengan pihak sekolah untuk mengurus administrasi serta mendapat guru pembimbing sesuai mata pelajaran yang akan diampu. Sebelum mengajar didalam kelas mahasiswa harus menyusun program pengajaran dan menyusun beberapa hal yang dibutuhkan untuk jalannya PPL. Hal-hal yang perlu disusun tersebut meliputi; RPP (Rencana Pelaksanaan Pembelajaran). RPP ini sangat penting untuk kerapihan dan ketertiban proses pembelajaran. Guru mengeksplor semua bahan pembelajaran dan merencanakan penyampaiannya dengan baik sehingga pembelajaran di kelas berjalan sesuai target yang akan dicapai. Materi Pembelajaran, hal ini juga sangat penting untuk dipersiapkan karena tanpa adanya materi pembelajan, RPP tidak memiliki konten. Media dan alat pembelajaran, keduanya sangat tergantung dengan kondisi kelas serta materi yang akan disampaikan. Walaupun materinya sama, disampaikan di kelas yang berbeda dengan atmosfer kelas yang berbeda pula, maka media dan alat pembelajarannya juga bisa jadi berbeda. Pada pelaksanaan PPL ini, masing-masing mahasiswa tidak hanya mengampu satu kelas, namun ada yang mengampu lebih dari dua kelas. Sedangkan penulis sendiri mengampu satu kelas yang meliputi kelas XI IPA 3, XI IPS 2. Di kelas XI IPA 3 pada hari Sabtu, di XI IPS 2 hari Rabu. Terkadang mahasiswa juga menggantikan guru mengajar dikelas XII ketika guru berhalangan hadir. Selain itu, mahasiswa juga menangani kegiatan-kegiatan di luar pebelajaran. Maka dari itu, pelaksanaan PPL ini menjadi lebih berguna dan lebih menguatkan potensi serta jiwa pendidik pada diri mahasiswa.
Item Type: | Monograph (Project Report) |
---|---|
Subjects: | LPPMP |
Divisions: | LPPMP - Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan |
Depositing User: | LPPMP |
Date Deposited: | 07 Mar 2017 09:11 |
Last Modified: | 01 Oct 2019 11:42 |
URI: | http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/47735 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |