LAPORAN INDIVIDU PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN SMA NEGERI 1 SANDEN

TYAS TRI DAMAYANTI, TYAS TRI DAMAYANTI (2016) LAPORAN INDIVIDU PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN SMA NEGERI 1 SANDEN. Project Report. LPPMP, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img] Text
Kondisi Sekolah.docx

Download (103kB)
[img] Text
observASI LEMBAGA.docx

Download (98kB)
[img] Text
Pembelajaran dikelas dan Siswa.docx

Download (45kB)
[img] Text
DAFTAR ABSENSI DAN NILAI XI IPS3.docx

Download (16kB)
[img] Text
LAMPIRAN I VISI MISI.docx

Download (14kB)
[img] Text
LAMPIRAN II MARS .docx

Download (15kB)
[img] Text
Lampiran III DAFTAR GURU.docx

Download (16kB)
[img] Text
LAMPIRAN IV SUSUNAN PERSONALIA PPL.docx

Download (16kB)
[img] Text
LAMPIRAN IX SOAL ULANGAN HARIAN.docx

Download (570kB)
[img]
Preview
Text
LAMPIRAN V KALENDER PENIDIKAN.pdf

Download (1MB) | Preview
[img] Text
LAMPIRAN VII SILABUS .doc

Download (206kB)
[img] Text
LAMPIRAN X KISI-KISI SOAL.docx

Download (18kB)
[img] Text
LAMPIRAN XII DAFTAR HADIR SISWA .docx

Download (20kB)
[img] Text
LAMPIRAN XIII DAFTAR NILAI SISWA.docx

Download (23kB)
[img] Text
LAMPIRAN XIV MATRIK.doc

Download (163kB)
[img] Text
LAMPIRAN XIX KUNCI JAWABAN UH.docx

Download (14kB)
[img] Text
LAMPIRAN XV LAPORAN MINGGUAN.docx

Download (221kB)
[img] Text
LAMPIRAN XVIII LAPORAN DANA.docx

Download (51kB)
[img] Text
LAMPIRAN XX REKAPITULASI KAGIATAN PPL.docx

Download (92kB)
[img] Text
RPP 1 CO.docx

Download (65kB)
[img] Text
RPP 2 CE.docx

Download (99kB)
[img] Text
RPP 3 EE.docx

Download (577kB)
[img] Text
RPP 4 EO.docx

Download (36kB)
[img] Text
RPP 5 EO.docx

Download (57kB)
[img] Text
RPP 6 CE.docx

Download (30kB)
[img] Text
BAB II.docx

Download (34kB)
[img] Text
BAB I.doc

Download (83kB)
[img] Text
BAB III.docx

Download (18kB)
[img] Text
JUDUL.doc

Download (479kB)

Abstract

PPL (Praktik Pengalaman Lapangan) merupakan salah satu wujud dari Tri Darma Perguruan Tinggi yang berbunyi “Pendidikan dan Pengajaran”. Dengan adanya program ini mahasiswa dapat mengembangkan serta menerapkan ilmu yang telah didapatnya kepada para siswa di sekolah. Mahasiswa berperan sebagai guru yang sebenarnya di dalam kelas. Mahasiswa berkoordinasi dengan penyelenggara PPL (LPPMP UNY) dan mendapat bimbingan atau pengarahan serta bekal sehingga mahasiswa tidak kebingungan dalam melaksanakan program PPL. Selalin itu, mahasiswa juga berkoordinasi dengan pihak sekolah untuk mengurus administrasi serta mendapat guru pembimbing sesuai mata pelajaran yang akan diampu. Mahasiswa harus menyusun program pengajaran dan menyusun beberapa hal yang dibutuhkan untuk jalannya PPL. Hal-hal yang perlu disusun merupakan dokumen-dokumen penting yang dapat menunjang proses pembelajaran serta kegiatan di luar pembelajaran yang dilaksanakan di sekolah. Beberapa hal tersebut meliputi Rencara Pelaksanaan Pembelajaran (RPP), materi pelajaran, media dan alat pembelajaran. RPP sangat penting untuk kerapihan dan ketertiban proses pembelajaran. Guru mengeksplor semua bahan pembelajaran dan merencanakan penyampaiannya dengan baik sehingga pembelajaran di kelas berjalan sesuai target yang akan dicapai. Materi Pembelajaran, hal ini juga sangat penting untuk dipersiapkan karena tanpa adanya materi pembelajan RPP tidak memiliki konten. Media dan alat pembelajaran, keduanya sangat tergantung dengan kondisi kelas serta materi yang akan disampaikan. Pada pelaksanaan PPL ini, masing-masing mahasiswa bisa mengampu satu kelas, namun ada juga yang mengampu lebih dari satu kelas tergantung situasi sekolag tempat PPL. Penulis sendiri mengampu satu kelas pokok yaitu kelas XI IPA 2 yang mengajar setiap hari kasi jam ke-1 dan ke-2. Namun, penulis juga mengampu kelas XI IPS 3 pada hari jum’at tanggal 5 Agustus jam ke-1 dan ke-2. Selanjutnya, penulis juga pernah mengampu kelas XII IPA 3 selama 2 kali pertemuan untuk pengambilan nilai ketrampilan berbicara. Selain itu, mahasiswa juga menangani kegiatan-kegiatan di luar pembelajaran. Maka dari itu, pelaksanaan PPL ini menjadi lebih berguna dan lebih menguatkan potensi serta jiwa pendidik pada diri mahasiswa

Item Type: Monograph (Project Report)
Subjects: LPPMP
Divisions: LPPMP - Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan
Depositing User: LPPMP
Date Deposited: 07 Mar 2017 09:04
Last Modified: 01 Oct 2019 11:41
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/47734

Actions (login required)

View Item View Item