LAPORAN INDIVIDU KEGIATAN PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL) SMA NEGERI 1 SANDEN 15 JULI – 15 SEPTEMBER 2016

SAFIRA WULANINGRUM, SAFIRA WULANINGRUM (2016) LAPORAN INDIVIDU KEGIATAN PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL) SMA NEGERI 1 SANDEN 15 JULI – 15 SEPTEMBER 2016. Project Report. LPPMP, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
daftar guru1.pdf

Download (21kB) | Preview
[img]
Preview
Text
daftar guru2.pdf

Download (25kB) | Preview
[img]
Preview
Text
daftar guru3.pdf

Download (29kB) | Preview
[img]
Preview
Text
daftar guru4.pdf

Download (17kB) | Preview
[img]
Preview
Text
daftar karyawan.pdf

Download (25kB) | Preview
[img]
Preview
Text
RPP I. Hakikat dan Peran Kimia.pdf

Download (398kB) | Preview
[img]
Preview
Text
RPP II. Metode Ilmiah.pdf

Download (682kB) | Preview
[img]
Preview
Text
RPP III. Partikel Penyusun Atom.pdf

Download (578kB) | Preview
[img]
Preview
Text
RPP IV. Konfigurasi elektron Bohr.pdf

Download (302kB) | Preview
[img]
Preview
Text
RPP V. Bilangan Kuantum.pdf

Download (636kB) | Preview
[img]
Preview
Text
RPP VI. Perkembangan SPU.pdf

Download (622kB) | Preview
[img]
Preview
Text
RPP VII. Letak Unsur.pdf

Download (465kB) | Preview
[img]
Preview
Text
RPP VIII. Sifat Keperiodikan Unsur.pdf

Download (594kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Lampiran II. Susunan Personalia PPL.pdf

Download (14kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Lampiran III. Kalender Akademik.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
Lampiran IV. Jadwal Pelajaran.pdf

Download (79kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Lampiran IX. Program Semester Gasal.pdf

Download (57kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Lampiran V. Mariks Program Kerja.pdf

Download (90kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Lampiran VI. Laporan Mingguan.pdf

Download (394kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Lampiran VII. Silabus.pdf

Download (165kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Lampiran VIII. Program Tahunan.pdf

Download (24kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Lampiran X. Agenda Mengajar.pdf

Download (181kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Lampiran XII. Kisi-kisi dan Soal Ulangan Harian.pdf

Download (229kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Lampiran XIII. Daftar Presensi.pdf

Download (171kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Lampiran XIV. Daftar Nilai Siswa.pdf

Download (539kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Lampiran XV. Analisis Ketuntasan Belajar.pdf

Download (357kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Lampiran XVI. Dokumentasi.pdf

Download (285kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Lampiran XVII. Laporan Dana Pelaksanaan PPL.pdf

Download (121kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I-III.pdf

Download (351kB) | Preview
[img]
Preview
Text
HALAMAN JUDUL.pdf

Download (323kB) | Preview

Abstract

PPL (Praktik Pengalaman Lapangan) merupakan salah satu wujud dari Tri Dharma Perguruan Tinggi yang berbunyi “Pendidikan dan Pengajaran”. Dengan adanya program ini mahasiswa dapat mengembangkan serta menerapkan ilmu yang telah didapatnya selama kuliah kepada para siswa di sekolah. Mahasiswa berperan sebagai guru yang sebenarnya di dalam kelas. Adapun kelas yang harus diajar adalah kelas X, XI dan XII. Mahasiswa berkoordinasi dengan penyelenggara PPL (LPPMP UNY) dan mendapat bimbingan serta pengarahan sehingga mahasiswa dapat melaksanakan program PPL dengan baik. Selain itu, mahasiswa juga berkoordinasi dengan pihak sekolah untuk mengurus administrasi serta mendapat guru pembimbing sesuai mata pelajaran yang akan diampu. Sebelum mengajar didalam kelas mahasiswa harus menyusun program pengajaran dan menyusun beberapa hal yang dibutuhkan untuk jalannya PPL. Hal-hal yang perlu disusun tersebut meliputi; RPP (Rencana Pelaksanaan Pembelajaran). RPP ini sangat penting untuk kerapian dan ketertiban proses pembelajaran di kelas. Guru mengeksplor semua bahan pembelajaran dan merencanakan penyampaiannya dengan baik sehingga pembelajaran di kelas berjalan sesuai target yang akan dicapai. Materi Pembelajaran, hal ini juga sangat penting untuk dipersiapkan karena tanpa adanya materi pembelajan, RPP tidak memiliki konten. Media dan alat pembelajaran, keduanya sangat tergantung dengan kondisi kelas serta materi yang akan disampaikan. Walaupun materinya sama, disampaikan di kelas yang berbeda dengan atmosfer kelas yang berbeda pula, maka media dan alat pembelajarannya bisa menjadi berbeda. Pada pelaksanaan PPL ini, masing-masing mahasiswa tidak hanya mengampu satu kelas, namun ada yang mengampu lebih dari dua kelas. Sedangkan penulis sendiri mengampu dua kelas yang meliputi kelas X MIA 1, X MIA 2. Di kelas X MIA 1 pada hari Kamis, di X MIA 2 pada hari Rabu. Selain itu, mahasiswa juga melaksanakan kegiatan-kegiatan di luar pebelajaran. Maka dari itu, pelaksanaan PPL ini menjadi lebih berguna dan lebih menguatkan potensi serta jiwa pendidik pada diri mahasiswa.

Item Type: Monograph (Project Report)
Uncontrolled Keywords: PPL, Kimia, SMA N 1 Sanden
Subjects: LPPMP
Divisions: LPPMP - Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan
Depositing User: LPPMP
Date Deposited: 07 Mar 2017 08:26
Last Modified: 01 Oct 2019 11:39
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/47732

Actions (login required)

View Item View Item