SAFIRA WULANINGRUM, SAFIRA WULANINGRUM (2016) LAPORAN INDIVIDU KEGIATAN PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL) SMA NEGERI 1 SANDEN 15 JULI – 15 SEPTEMBER 2016. Project Report. LPPMP, Universitas Negeri Yogyakarta.
|
Text
daftar guru1.pdf Download (21kB) | Preview |
|
|
Text
daftar guru2.pdf Download (25kB) | Preview |
|
|
Text
daftar guru3.pdf Download (29kB) | Preview |
|
|
Text
daftar guru4.pdf Download (17kB) | Preview |
|
|
Text
daftar karyawan.pdf Download (25kB) | Preview |
|
|
Text
RPP I. Hakikat dan Peran Kimia.pdf Download (398kB) | Preview |
|
|
Text
RPP II. Metode Ilmiah.pdf Download (682kB) | Preview |
|
|
Text
RPP III. Partikel Penyusun Atom.pdf Download (578kB) | Preview |
|
|
Text
RPP IV. Konfigurasi elektron Bohr.pdf Download (302kB) | Preview |
|
|
Text
RPP V. Bilangan Kuantum.pdf Download (636kB) | Preview |
|
|
Text
RPP VI. Perkembangan SPU.pdf Download (622kB) | Preview |
|
|
Text
RPP VII. Letak Unsur.pdf Download (465kB) | Preview |
|
|
Text
RPP VIII. Sifat Keperiodikan Unsur.pdf Download (594kB) | Preview |
|
|
Text
Lampiran II. Susunan Personalia PPL.pdf Download (14kB) | Preview |
|
|
Text
Lampiran III. Kalender Akademik.pdf Download (1MB) | Preview |
|
|
Text
Lampiran IV. Jadwal Pelajaran.pdf Download (79kB) | Preview |
|
|
Text
Lampiran IX. Program Semester Gasal.pdf Download (57kB) | Preview |
|
|
Text
Lampiran V. Mariks Program Kerja.pdf Download (90kB) | Preview |
|
|
Text
Lampiran VI. Laporan Mingguan.pdf Download (394kB) | Preview |
|
|
Text
Lampiran VII. Silabus.pdf Download (165kB) | Preview |
|
|
Text
Lampiran VIII. Program Tahunan.pdf Download (24kB) | Preview |
|
|
Text
Lampiran X. Agenda Mengajar.pdf Download (181kB) | Preview |
|
|
Text
Lampiran XII. Kisi-kisi dan Soal Ulangan Harian.pdf Download (229kB) | Preview |
|
|
Text
Lampiran XIII. Daftar Presensi.pdf Download (171kB) | Preview |
|
|
Text
Lampiran XIV. Daftar Nilai Siswa.pdf Download (539kB) | Preview |
|
|
Text
Lampiran XV. Analisis Ketuntasan Belajar.pdf Download (357kB) | Preview |
|
|
Text
Lampiran XVI. Dokumentasi.pdf Download (285kB) | Preview |
|
|
Text
Lampiran XVII. Laporan Dana Pelaksanaan PPL.pdf Download (121kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I-III.pdf Download (351kB) | Preview |
|
|
Text
HALAMAN JUDUL.pdf Download (323kB) | Preview |
Abstract
PPL (Praktik Pengalaman Lapangan) merupakan salah satu wujud dari Tri Dharma Perguruan Tinggi yang berbunyi “Pendidikan dan Pengajaran”. Dengan adanya program ini mahasiswa dapat mengembangkan serta menerapkan ilmu yang telah didapatnya selama kuliah kepada para siswa di sekolah. Mahasiswa berperan sebagai guru yang sebenarnya di dalam kelas. Adapun kelas yang harus diajar adalah kelas X, XI dan XII. Mahasiswa berkoordinasi dengan penyelenggara PPL (LPPMP UNY) dan mendapat bimbingan serta pengarahan sehingga mahasiswa dapat melaksanakan program PPL dengan baik. Selain itu, mahasiswa juga berkoordinasi dengan pihak sekolah untuk mengurus administrasi serta mendapat guru pembimbing sesuai mata pelajaran yang akan diampu. Sebelum mengajar didalam kelas mahasiswa harus menyusun program pengajaran dan menyusun beberapa hal yang dibutuhkan untuk jalannya PPL. Hal-hal yang perlu disusun tersebut meliputi; RPP (Rencana Pelaksanaan Pembelajaran). RPP ini sangat penting untuk kerapian dan ketertiban proses pembelajaran di kelas. Guru mengeksplor semua bahan pembelajaran dan merencanakan penyampaiannya dengan baik sehingga pembelajaran di kelas berjalan sesuai target yang akan dicapai. Materi Pembelajaran, hal ini juga sangat penting untuk dipersiapkan karena tanpa adanya materi pembelajan, RPP tidak memiliki konten. Media dan alat pembelajaran, keduanya sangat tergantung dengan kondisi kelas serta materi yang akan disampaikan. Walaupun materinya sama, disampaikan di kelas yang berbeda dengan atmosfer kelas yang berbeda pula, maka media dan alat pembelajarannya bisa menjadi berbeda. Pada pelaksanaan PPL ini, masing-masing mahasiswa tidak hanya mengampu satu kelas, namun ada yang mengampu lebih dari dua kelas. Sedangkan penulis sendiri mengampu dua kelas yang meliputi kelas X MIA 1, X MIA 2. Di kelas X MIA 1 pada hari Kamis, di X MIA 2 pada hari Rabu. Selain itu, mahasiswa juga melaksanakan kegiatan-kegiatan di luar pebelajaran. Maka dari itu, pelaksanaan PPL ini menjadi lebih berguna dan lebih menguatkan potensi serta jiwa pendidik pada diri mahasiswa.
Item Type: | Monograph (Project Report) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | PPL, Kimia, SMA N 1 Sanden |
Subjects: | LPPMP |
Divisions: | LPPMP - Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan |
Depositing User: | LPPMP |
Date Deposited: | 07 Mar 2017 08:26 |
Last Modified: | 01 Oct 2019 11:39 |
URI: | http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/47732 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |