LAPORAN INDIVIDU PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN SMA NEGERI 1 SANDEN

NASHRUL INAYAH, NASHRUL INAYAH (2016) LAPORAN INDIVIDU PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN SMA NEGERI 1 SANDEN. Project Report. LPPMP, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
Daftar Guru (1).pdf

Download (21kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Guru (2).pdf

Download (25kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Guru (3).pdf

Download (29kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Guru (4).pdf

Download (17kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Karyawan.pdf

Download (25kB) | Preview
[img]
Preview
Text
File gabungan.pdf

Download (178kB) | Preview
[img] Text
rpp 1.docx

Download (29kB)
[img] Text
rpp 2 (Autosaved).docx

Download (30kB)
[img] Text
rpp 3 - revisi.docx

Download (27kB)
[img] Text
rpp 4 - revisi.docx

Download (28kB)
[img] Text
rpp 5.docx

Download (27kB)
[img] Text
rpp 6.docx

Download (23kB)
[img] Text
1. RPP Diferensiasi (revisi).docx

Download (27kB)
[img] Text
2. RPP etnis, gender, diferensiasi agama.docx

Download (24kB)
[img] Text
3. rpp stratifikasi.docx

Download (24kB)
[img] Text
4. rpp jenis2 stratifikasi.docx

Download (22kB)
[img] Text
5. rpp bahas soal dan materi.docx

Download (22kB)
[img] Text
6. diskusi mcm stra dan struktur pd masy.docx

Download (26kB)
[img] Text
7. rpp buat karya.docx

Download (25kB)
[img] Text
8. presentasi karya.docx

Download (26kB)
[img] Text
02 PROTA S1 sanden.docx

Download (16kB)
[img] Text
PERHITUNGAN WAKTU EFEKTIF inay.docx

Download (19kB)
[img] Text
prosem sanden.docx

Download (29kB)
[img] Text
1. VISI DAN MISI SASAYOTA.docx

Download (13kB)
[img] Text
2. MARS SASAYOTA.docx

Download (11kB)
[img] Text
4. SUSUNAN PERSONALIA PPL.docx

Download (13kB)
[img]
Preview
Text
5. KALENDER.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
6. Jadwal Pelajaran.pdf

Download (79kB) | Preview
[img] Text
7. silabus.docx

Download (20kB)
[img] Text
10. ULANGAN HARIAN HARIAN SEMESTER GANJIL.docx

Download (19kB)
[img] Text
13. MATRIK.doc

Download (168kB)
[img] Text
14. LAPORAN MINGGUAN PELAKSANAAN PPL MAGANG III TAHUN 2015.doc

Download (312kB)
[img] Text
16. DOKUMENTASI PPL 2016.docx

Download (958kB)
[img] Text
17. LAPORAN DANA PELAKSANAAN PPL.doc

Download (70kB)
[img] Text
OBSERVASI MAHASISWA PADA GURU DALAM PEMBELAJARAN DI SEKOLAH.doc

Download (82kB)
[img] Text
OBSERVASI SEKOLAH.doc

Download (251kB)
[img] Text
1. cover.docx

Download (144kB)
[img] Text
2. HALAMAN PENGESAHAN DLL.docx

Download (52kB)
[img] Text
3. BAB I.doc

Download (114kB)
[img] Text
4. BAB II.doc

Download (152kB)
[img] Text
5.BAB III, DAFTAR PUSTAKA.doc

Download (37kB)

Abstract

PPL (Praktik Pengalaman Lapangan) merupakan salah satu wujud dari Tri Darma Perguruan Tinggi yang berbunyi “Pendidikan dan Pengajaran”. Dengan adanya program ini mahasiswa dapat mengembangkan serta menerapkan ilmu yang telah didapatnya selama kuliah kepada para siswa di sekolah. Mahasiswa berperan sebagai guru yang sebenarnya di dalam kelas. Adapun kelas yang harus diajar adalah kelas X dan XI. Mahasiswa berkoordinasi dengan penyelenggara PPL (LPPMP UNY) dan mendapat bimbingan serta pengarahan sehingga mahasiswa dapat melaksanakan program PPL dengan baik. Selain itu, mahasiswa juga berkoordinasi dengan pihak sekolah untuk mengurus administrasi serta mendapat guru pembimbing sesuai mata pelajaran yang akan diampu. Sebelum mengajar didalam kelas mahasiswa harus menyusun program pengajaran dan menyusun beberapa hal yang dibutuhkan untuk jalannya PPL. Hal-hal yang perlu disusun tersebut meliputi; RPP (Rencana Pelaksanaan Pembelajaran). RPP ini sangat penting untuk kerapihan dan ketertiban proses pembelajaran. Guru mengeksplor semua bahan pembelajaran dan merencanakan penyampaiannya dengan baik sehingga pembelajaran di kelas berjalan sesuai target yang akan dicapai. Materi Pembelajaran, hal ini juga sangat penting untuk dipersiapkan karena tanpa adanya materi pembelajan, RPP tidak memiliki konten. Media dan alat pembelajaran, keduanya sangat tergantung dengan kondisi kelas serta materi yang akan disampaikan. Walaupun materinya sama, disampaikan di kelas yang berbeda dengan atmosfer kelas yang berbeda pula, maka media dan alat pembelajarannya juga bisa jadi berbeda. Pada pelaksanaan PPL ini, masing-masing mahasiswa tidak hanya mengampu satu kelas, namun ada yang mengampu lebih dari dua kelas. Sedangkan penulis sendiri mengampu duakelas yang meliputi kelas X IIS 3 dan XI IPS 1. Jadwal mengajar untuk kelas XI IIS3 pada hari Kamis dan untuk kelas XI IPS 1 pada hari Senin dan Selasa . Selain itu, mahasiswa juga menangani kegiatan-kegiatan di luar pembelajaran. Maka dari itu, pelaksanaan PPL ini menjadi lebih berguna dan lebih menguatkan potensi serta jiwa pendidik pada diri mahasiswa.

Item Type: Monograph (Project Report)
Subjects: LPPMP
Divisions: LPPMP - Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan
Depositing User: LPPMP
Date Deposited: 07 Mar 2017 02:48
Last Modified: 01 Oct 2019 11:37
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/47724

Actions (login required)

View Item View Item