NASHRUL INAYAH, NASHRUL INAYAH (2016) LAPORAN INDIVIDU PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN SMA NEGERI 1 SANDEN. Project Report. LPPMP, Universitas Negeri Yogyakarta.
|
Text
Daftar Guru (1).pdf Download (21kB) | Preview |
|
|
Text
Daftar Guru (2).pdf Download (25kB) | Preview |
|
|
Text
Daftar Guru (3).pdf Download (29kB) | Preview |
|
|
Text
Daftar Guru (4).pdf Download (17kB) | Preview |
|
|
Text
Daftar Karyawan.pdf Download (25kB) | Preview |
|
|
Text
File gabungan.pdf Download (178kB) | Preview |
|
Text
rpp 1.docx Download (29kB) |
||
Text
rpp 2 (Autosaved).docx Download (30kB) |
||
Text
rpp 3 - revisi.docx Download (27kB) |
||
Text
rpp 4 - revisi.docx Download (28kB) |
||
Text
rpp 5.docx Download (27kB) |
||
Text
rpp 6.docx Download (23kB) |
||
Text
1. RPP Diferensiasi (revisi).docx Download (27kB) |
||
Text
2. RPP etnis, gender, diferensiasi agama.docx Download (24kB) |
||
Text
3. rpp stratifikasi.docx Download (24kB) |
||
Text
4. rpp jenis2 stratifikasi.docx Download (22kB) |
||
Text
5. rpp bahas soal dan materi.docx Download (22kB) |
||
Text
6. diskusi mcm stra dan struktur pd masy.docx Download (26kB) |
||
Text
7. rpp buat karya.docx Download (25kB) |
||
Text
8. presentasi karya.docx Download (26kB) |
||
Text
02 PROTA S1 sanden.docx Download (16kB) |
||
Text
PERHITUNGAN WAKTU EFEKTIF inay.docx Download (19kB) |
||
Text
prosem sanden.docx Download (29kB) |
||
Text
1. VISI DAN MISI SASAYOTA.docx Download (13kB) |
||
Text
2. MARS SASAYOTA.docx Download (11kB) |
||
Text
4. SUSUNAN PERSONALIA PPL.docx Download (13kB) |
||
|
Text
5. KALENDER.pdf Download (1MB) | Preview |
|
|
Text
6. Jadwal Pelajaran.pdf Download (79kB) | Preview |
|
Text
7. silabus.docx Download (20kB) |
||
Text
10. ULANGAN HARIAN HARIAN SEMESTER GANJIL.docx Download (19kB) |
||
Text
13. MATRIK.doc Download (168kB) |
||
Text
14. LAPORAN MINGGUAN PELAKSANAAN PPL MAGANG III TAHUN 2015.doc Download (312kB) |
||
Text
16. DOKUMENTASI PPL 2016.docx Download (958kB) |
||
Text
17. LAPORAN DANA PELAKSANAAN PPL.doc Download (70kB) |
||
Text
OBSERVASI MAHASISWA PADA GURU DALAM PEMBELAJARAN DI SEKOLAH.doc Download (82kB) |
||
Text
OBSERVASI SEKOLAH.doc Download (251kB) |
||
Text
1. cover.docx Download (144kB) |
||
Text
2. HALAMAN PENGESAHAN DLL.docx Download (52kB) |
||
Text
3. BAB I.doc Download (114kB) |
||
Text
4. BAB II.doc Download (152kB) |
||
Text
5.BAB III, DAFTAR PUSTAKA.doc Download (37kB) |
Abstract
PPL (Praktik Pengalaman Lapangan) merupakan salah satu wujud dari Tri Darma Perguruan Tinggi yang berbunyi “Pendidikan dan Pengajaran”. Dengan adanya program ini mahasiswa dapat mengembangkan serta menerapkan ilmu yang telah didapatnya selama kuliah kepada para siswa di sekolah. Mahasiswa berperan sebagai guru yang sebenarnya di dalam kelas. Adapun kelas yang harus diajar adalah kelas X dan XI. Mahasiswa berkoordinasi dengan penyelenggara PPL (LPPMP UNY) dan mendapat bimbingan serta pengarahan sehingga mahasiswa dapat melaksanakan program PPL dengan baik. Selain itu, mahasiswa juga berkoordinasi dengan pihak sekolah untuk mengurus administrasi serta mendapat guru pembimbing sesuai mata pelajaran yang akan diampu. Sebelum mengajar didalam kelas mahasiswa harus menyusun program pengajaran dan menyusun beberapa hal yang dibutuhkan untuk jalannya PPL. Hal-hal yang perlu disusun tersebut meliputi; RPP (Rencana Pelaksanaan Pembelajaran). RPP ini sangat penting untuk kerapihan dan ketertiban proses pembelajaran. Guru mengeksplor semua bahan pembelajaran dan merencanakan penyampaiannya dengan baik sehingga pembelajaran di kelas berjalan sesuai target yang akan dicapai. Materi Pembelajaran, hal ini juga sangat penting untuk dipersiapkan karena tanpa adanya materi pembelajan, RPP tidak memiliki konten. Media dan alat pembelajaran, keduanya sangat tergantung dengan kondisi kelas serta materi yang akan disampaikan. Walaupun materinya sama, disampaikan di kelas yang berbeda dengan atmosfer kelas yang berbeda pula, maka media dan alat pembelajarannya juga bisa jadi berbeda. Pada pelaksanaan PPL ini, masing-masing mahasiswa tidak hanya mengampu satu kelas, namun ada yang mengampu lebih dari dua kelas. Sedangkan penulis sendiri mengampu duakelas yang meliputi kelas X IIS 3 dan XI IPS 1. Jadwal mengajar untuk kelas XI IIS3 pada hari Kamis dan untuk kelas XI IPS 1 pada hari Senin dan Selasa . Selain itu, mahasiswa juga menangani kegiatan-kegiatan di luar pembelajaran. Maka dari itu, pelaksanaan PPL ini menjadi lebih berguna dan lebih menguatkan potensi serta jiwa pendidik pada diri mahasiswa.
Item Type: | Monograph (Project Report) |
---|---|
Subjects: | LPPMP |
Divisions: | LPPMP - Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan |
Depositing User: | LPPMP |
Date Deposited: | 07 Mar 2017 02:48 |
Last Modified: | 01 Oct 2019 11:37 |
URI: | http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/47724 |
Actions (login required)
View Item |