Erminana, Ida (2010) Pengembangan Multimedia Pembelajaran Strategi Belajar Mengajar Untuk Meningkatkan Efektivitas Belajar Mahasiswa S1 PGSD. S2 thesis, UNY.
Text
tesis-ida-ermiana-08707251016.swf Download (16MB) |
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah: (1) menghasilkan multimedia pembelajaran yang efektif untuk mencapai tujuan pembelajaran matakuliah Strategi Belajar Mengajar khususnya pada materi model-model pembelajaran, dan (2) menghasilkan multimedia pembelajaran yang dapat meningkatkan efisiensi waktu belajar guna mengatasi permasalahan waktu pada matakuliah Strategi Belajar Mengajar di PGSD FKIP UNRAM. Subyek dalam penelitian ini adalah mahasiswa S1 PGSD FKIP UNRAM semester 6. Penelitian ini dilaksanakan di PGSD FKIP UNRAM dengan menggunakan penelitian dan pengembangan. Prosedur penelitian pengembangan dilakukan dalam beberapa langkah, yaitu: (1) studi pendahuluan, (2) planning, (3) desain, dan (4) development. Evaluasi formatif pada penelitian ini meliputi: ongoing evaluation, alpha tes (ahli materi dan ahli media), dan beta tes (pengguna). Evaluasi sumatif dilakukan untuk mengetahui efektif produk yaitu dapat meningkatkan efektivitas belajar mahasiswa. Instrumen pengumpulan data meliputi angket, tes, wawancara dan pengamatan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Produk multimedia ini efektif dapat meningkatkan efektivitas belajar mahasiswa yaitu pencapaian tujuan pembelajaran. Hal ini dibuktikan dengan kelulusan mahasiswa yang mampu mencapai skor 75 sekitar 66,67%, dan (2) Pemanfaatan waktu belajar lebih efisien. Hal ini terlihat pada penggunaan produk dalam proses pembelajaran yang menghemat waktu sekitar 57% (menghemat waktu 400 menit).
Item Type: | Thesis (S2) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | multimedia pembelajaran |
Subjects: | Pendidikan > Teknologi Pendidikan |
Divisions: | Sekolah Pascasarjana (SPS) > Program Pascasarjana > Teknologi Pembelajaran |
Depositing User: | Users 57 not found. |
Date Deposited: | 07 Mar 2017 01:25 |
Last Modified: | 29 Jan 2019 12:12 |
URI: | http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/47719 |
Actions (login required)
View Item |