LAPORAN INDIVIDU KEGIATAN PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL) SMA NEGERI 1 SANDEN

ARINI MARTILIA, ARINI MARTILIA (2016) LAPORAN INDIVIDU KEGIATAN PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL) SMA NEGERI 1 SANDEN. Project Report. LPPMP, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
RPP 1 Bohr.pdf

Download (326kB) | Preview
[img]
Preview
Text
RPP 2 Mekanika Kuantum.pdf

Download (348kB) | Preview
[img]
Preview
Text
RPP 3 VSEPR.pdf

Download (466kB) | Preview
[img]
Preview
Text
RPP 4 Hibridisasi.pdf

Download (324kB) | Preview
[img]
Preview
Text
RPP 5 Gaya Antarmolekul.pdf

Download (275kB) | Preview
[img]
Preview
Text
RPP 6 Konsep Laju Reaksi.pdf

Download (249kB) | Preview
[img]
Preview
Text
RPP 7 Faktor Penentu Laju Reaksi.pdf

Download (364kB) | Preview
[img]
Preview
Text
UH Bentuk Molekul.pdf

Download (13kB) | Preview
[img]
Preview
Text
UH Gaya Antarmolekul.pdf

Download (13kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Agenda Mengajar.pdf

Download (182kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Analisis Ketuntasan Minimum Gaya Antarmolekul.pdf

Download (190kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Ananlisis Ketuntasan Minimum Bentuk Molekul.pdf

Download (112kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Anggota PPL SMA Negeri 1 Sanden.pdf

Download (14kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Guru (1).pdf

Download (21kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Guru (2).pdf

Download (25kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Guru (3).pdf

Download (29kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Guru (4).pdf

Download (17kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Karyawan.pdf

Download (25kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Nilai X MIA 4.pdf

Download (34kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Nilai XI IPA 2.pdf

Download (119kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Nilai XI IPA 3.pdf

Download (40kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Dokumentasi Kegiatan PPL.pdf

Download (253kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Jadwal Pelajaran.pdf

Download (79kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Kalender Akademik.pdf

Download (685kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Kalender Pendidikan.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
Laporan Dana Pelaksanaan PPL.pdf

Download (39kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Laporan Mingguan PPL.pdf

Download (404kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Lembar Observasi Kondisi Sekolah.pdf

Download (198kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Matriks Program Kerja.pdf

Download (161kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Perhitungan Minggu dan Jam Efektif.pdf

Download (166kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Perhitungan Minggu dan Jam Efektif.pdf

Download (166kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Presensi X MIA 4.pdf

Download (40kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Presensi XI IPA 2.pdf

Download (160kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Presensi XI IPA 3.pdf

Download (159kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Program Tahunan.pdf

Download (94kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Prosem Fix Banget Siap Print.pdf

Download (172kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Scan Matriks.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
Silabus Kimia Kelas XI.pdf

Download (246kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Laporan Full.pdf

Download (459kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Scan Halaman Pengesahan.pdf

Download (577kB) | Preview

Abstract

Pendidikan sangat berperan untuk kemajuan suatu bangsa dan negara, dengan adanya pendidikan maka kualitas SDM akan semakin meningkat. Pendidikan dimulai dari tingkat dasar sampai ke tingkat yang atas yaitu Perguruan Tinggi. Perguruan Tinggi sebagai lembaga yang mencetak mahasiswa untuk menjadi manusia yang memiliki keterampilan life skill dalam bidangnya selalu dituntut untuk meningkatkan kualitas pembelajaran yang akan berimbas pada kualitas lulusannya. Universitas Negeri Yogyakarta (UNY) sebagai salah satu Perguruan Tinggi di Yogyakarta yang mencetak tenaga kependidikan atau calon guru juga harus meningkatkan kualitas kelulusannya agar dapat bersaing dalam dunia pendidikan baik dalam skala nasional maupun skala internasional. Selain itu, UNY sebagai salah satu Perguruan Tinggi juga harus mewujudkan Tri Dharma Perguruan Tinggi. Salah satu implementasi Tri Dharma Perguruan Tinggi yang berbunyi “Pendidikan dan Pengajaran” yaitu pelaksanaan kegiatan Praktik Pengalaman Lapangan (PPL). Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) merupakan program yang bertujuan mengembangkan kompetensi mahasiswa sebagai calon pendidik atau tenaga pendidik yang profesional, berakhlak mulia, kreatif, inovatif serta bertanggung jawab dan disiplin dalam melaksanakan kewajiban. Kegiatan PPL menjadi wadah bagi mahasiswa untuk dapat mengembangkan serta menerapkan ilmu yang telah didapatnya kepada para siswa di sekolah. Mahasiswa berperan sebagai guru yang sebenarnya di dalam kelas. Kelas yang biasanya diampu oleh mahasiswa PPL adalah kelas X, XI, XII. Sebelum penerjunan ke sekolah, mahasiswa telah melewati berbagai proses sebagai bekal dalam mempersiapkan pelaksanaan kegiatatan PPL di sekolah. Mahasiswa berkoordinasi dengan penyelenggara PPL (LPPMP UNY) untuk mendapat bimbingan dan pengarahan sehingga mahasiswa lebih siap dalam melaksanakan program PPL. Selain itu, mahasiswa juga berkoordinasi dengan pihak sekolah untuk mengurus administrasi untuk mendapat guru pembimbing lapangan sesuai mata pelajaran yang akan diampu. Mahasiswa tidak serta-merta dapat langsung mengajar di kelas, tetapi harus menyusun program pengajaran dan menyusun beberapa hal yang dibutuhkan untuk jalannya PPL. Hal-hal yang perlu dipersiapkan yaitu dokumen-dokumen penting yang dapat menunjang proses pembelajaran serta kegiatan di luar pembelajaran yang dilaksanakan di sekolah. Beberapa hal tersebut meliputi; Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP), materi pembelajaran, perangkat pembelajaran, media pembelajaran, dan lain-lain. Dokumen-dokumen ini sangat penting untuk strategi pembelajaran agar pembelajran dapat terencana dan terlaksana dengan baik. Guru mengeksplor bahan pembelajaran dari berbagai referensi dan merencanakan penyampaiannya dengan baik sehingga pembelajaran di kelas berjalan sesuai target yang akan dicapai. Materi pembelajaran, sebagai konten yang akan dipelajari dalam pembelajaran. Media dan alat pembelajaran, keduanya sangat tergantung dengan kondisi kelas serta materi yang akan disampaikan. Walaupun materinya sama, disampaikan di kelas yang berbeda dengan atmosfir kelas yang berbeda, maka media dan alat pembelajaran yang digunakan juga bisa jadi berbeda.Pada pelaksanaan PPL ini, masing-masing mahasiswa memiliki jam mengajar yang berbeda-beda. Penulis sendiri memiliki 13 JP per minggu dengan mengampu tiga kelas, yaitu meliputi kelas X MIA 4, XI IPA 2, dan XI IPA 3 serta 13 JP per minggu sebagai guru pendamping di kelas X MIA 3, XI IPA 1, dan XI IPA 4. Di kelas X MIA 4, penulis mengajar pada hari Kamis. Di kelas XI IPA 2, penulis mengajar pada hari Senin, Selasa, dan Rabu. Di kelas XI IPA 3, penulis mengajar pada hari Selasa, Rabu, Jumat. Hari Kamis sebagai guru pendamping di kelas X MIA 3. Hari Senin, Selasa, dan Jumat sebagai guru pendamping di kelas XI IPA 1. Hari Senin, Selasa, dan Rabu mendampingi guru di kelas XI IPA 4. Selain itu, mahasiswa PPL juga menangani kegiatan-kegiatan di luar pembelajaran, seperti melaksanakan piket perijinan, piket di perpustakaan, piket di posko PPL, piket bersalaman, mendampingi kegiatan MPLS, membantu pelaksaan AMT (Achievement Motivation Training) yang ditujukan untuk siswa kelas XII supaya lebih termotivasi lagi dalam menggapai cita-citanya.

Item Type: Monograph (Project Report)
Uncontrolled Keywords: Praktik Pengalaman Lapangan (PPL), Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP), materi pembelajaran, perangkat pembelajaran, media pembelajaran
Subjects: LPPMP
Divisions: LPPMP - Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan
Depositing User: LPPMP
Date Deposited: 07 Mar 2017 00:57
Last Modified: 01 Oct 2019 11:32
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/47713

Actions (login required)

View Item View Item