ARINI MARTILIA, ARINI MARTILIA (2016) LAPORAN INDIVIDU KEGIATAN PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL) SMA NEGERI 1 SANDEN. Project Report. LPPMP, Universitas Negeri Yogyakarta.
|
Text
RPP 1 Bohr.pdf Download (326kB) | Preview |
|
|
Text
RPP 2 Mekanika Kuantum.pdf Download (348kB) | Preview |
|
|
Text
RPP 3 VSEPR.pdf Download (466kB) | Preview |
|
|
Text
RPP 4 Hibridisasi.pdf Download (324kB) | Preview |
|
|
Text
RPP 5 Gaya Antarmolekul.pdf Download (275kB) | Preview |
|
|
Text
RPP 6 Konsep Laju Reaksi.pdf Download (249kB) | Preview |
|
|
Text
RPP 7 Faktor Penentu Laju Reaksi.pdf Download (364kB) | Preview |
|
|
Text
UH Bentuk Molekul.pdf Download (13kB) | Preview |
|
|
Text
UH Gaya Antarmolekul.pdf Download (13kB) | Preview |
|
|
Text
Agenda Mengajar.pdf Download (182kB) | Preview |
|
|
Text
Analisis Ketuntasan Minimum Gaya Antarmolekul.pdf Download (190kB) | Preview |
|
|
Text
Ananlisis Ketuntasan Minimum Bentuk Molekul.pdf Download (112kB) | Preview |
|
|
Text
Daftar Anggota PPL SMA Negeri 1 Sanden.pdf Download (14kB) | Preview |
|
|
Text
Daftar Guru (1).pdf Download (21kB) | Preview |
|
|
Text
Daftar Guru (2).pdf Download (25kB) | Preview |
|
|
Text
Daftar Guru (3).pdf Download (29kB) | Preview |
|
|
Text
Daftar Guru (4).pdf Download (17kB) | Preview |
|
|
Text
Daftar Karyawan.pdf Download (25kB) | Preview |
|
|
Text
Daftar Nilai X MIA 4.pdf Download (34kB) | Preview |
|
|
Text
Daftar Nilai XI IPA 2.pdf Download (119kB) | Preview |
|
|
Text
Daftar Nilai XI IPA 3.pdf Download (40kB) | Preview |
|
|
Text
Dokumentasi Kegiatan PPL.pdf Download (253kB) | Preview |
|
|
Text
Jadwal Pelajaran.pdf Download (79kB) | Preview |
|
|
Text
Kalender Akademik.pdf Download (685kB) | Preview |
|
|
Text
Kalender Pendidikan.pdf Download (1MB) | Preview |
|
|
Text
Laporan Dana Pelaksanaan PPL.pdf Download (39kB) | Preview |
|
|
Text
Laporan Mingguan PPL.pdf Download (404kB) | Preview |
|
|
Text
Lembar Observasi Kondisi Sekolah.pdf Download (198kB) | Preview |
|
|
Text
Matriks Program Kerja.pdf Download (161kB) | Preview |
|
|
Text
Perhitungan Minggu dan Jam Efektif.pdf Download (166kB) | Preview |
|
|
Text
Perhitungan Minggu dan Jam Efektif.pdf Download (166kB) | Preview |
|
|
Text
Presensi X MIA 4.pdf Download (40kB) | Preview |
|
|
Text
Presensi XI IPA 2.pdf Download (160kB) | Preview |
|
|
Text
Presensi XI IPA 3.pdf Download (159kB) | Preview |
|
|
Text
Program Tahunan.pdf Download (94kB) | Preview |
|
|
Text
Prosem Fix Banget Siap Print.pdf Download (172kB) | Preview |
|
|
Text
Scan Matriks.pdf Download (1MB) | Preview |
|
|
Text
Silabus Kimia Kelas XI.pdf Download (246kB) | Preview |
|
|
Text
Laporan Full.pdf Download (459kB) | Preview |
|
|
Text
Scan Halaman Pengesahan.pdf Download (577kB) | Preview |
Abstract
Pendidikan sangat berperan untuk kemajuan suatu bangsa dan negara, dengan adanya pendidikan maka kualitas SDM akan semakin meningkat. Pendidikan dimulai dari tingkat dasar sampai ke tingkat yang atas yaitu Perguruan Tinggi. Perguruan Tinggi sebagai lembaga yang mencetak mahasiswa untuk menjadi manusia yang memiliki keterampilan life skill dalam bidangnya selalu dituntut untuk meningkatkan kualitas pembelajaran yang akan berimbas pada kualitas lulusannya. Universitas Negeri Yogyakarta (UNY) sebagai salah satu Perguruan Tinggi di Yogyakarta yang mencetak tenaga kependidikan atau calon guru juga harus meningkatkan kualitas kelulusannya agar dapat bersaing dalam dunia pendidikan baik dalam skala nasional maupun skala internasional. Selain itu, UNY sebagai salah satu Perguruan Tinggi juga harus mewujudkan Tri Dharma Perguruan Tinggi. Salah satu implementasi Tri Dharma Perguruan Tinggi yang berbunyi “Pendidikan dan Pengajaran” yaitu pelaksanaan kegiatan Praktik Pengalaman Lapangan (PPL). Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) merupakan program yang bertujuan mengembangkan kompetensi mahasiswa sebagai calon pendidik atau tenaga pendidik yang profesional, berakhlak mulia, kreatif, inovatif serta bertanggung jawab dan disiplin dalam melaksanakan kewajiban. Kegiatan PPL menjadi wadah bagi mahasiswa untuk dapat mengembangkan serta menerapkan ilmu yang telah didapatnya kepada para siswa di sekolah. Mahasiswa berperan sebagai guru yang sebenarnya di dalam kelas. Kelas yang biasanya diampu oleh mahasiswa PPL adalah kelas X, XI, XII. Sebelum penerjunan ke sekolah, mahasiswa telah melewati berbagai proses sebagai bekal dalam mempersiapkan pelaksanaan kegiatatan PPL di sekolah. Mahasiswa berkoordinasi dengan penyelenggara PPL (LPPMP UNY) untuk mendapat bimbingan dan pengarahan sehingga mahasiswa lebih siap dalam melaksanakan program PPL. Selain itu, mahasiswa juga berkoordinasi dengan pihak sekolah untuk mengurus administrasi untuk mendapat guru pembimbing lapangan sesuai mata pelajaran yang akan diampu. Mahasiswa tidak serta-merta dapat langsung mengajar di kelas, tetapi harus menyusun program pengajaran dan menyusun beberapa hal yang dibutuhkan untuk jalannya PPL. Hal-hal yang perlu dipersiapkan yaitu dokumen-dokumen penting yang dapat menunjang proses pembelajaran serta kegiatan di luar pembelajaran yang dilaksanakan di sekolah. Beberapa hal tersebut meliputi; Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP), materi pembelajaran, perangkat pembelajaran, media pembelajaran, dan lain-lain. Dokumen-dokumen ini sangat penting untuk strategi pembelajaran agar pembelajran dapat terencana dan terlaksana dengan baik. Guru mengeksplor bahan pembelajaran dari berbagai referensi dan merencanakan penyampaiannya dengan baik sehingga pembelajaran di kelas berjalan sesuai target yang akan dicapai. Materi pembelajaran, sebagai konten yang akan dipelajari dalam pembelajaran. Media dan alat pembelajaran, keduanya sangat tergantung dengan kondisi kelas serta materi yang akan disampaikan. Walaupun materinya sama, disampaikan di kelas yang berbeda dengan atmosfir kelas yang berbeda, maka media dan alat pembelajaran yang digunakan juga bisa jadi berbeda.Pada pelaksanaan PPL ini, masing-masing mahasiswa memiliki jam mengajar yang berbeda-beda. Penulis sendiri memiliki 13 JP per minggu dengan mengampu tiga kelas, yaitu meliputi kelas X MIA 4, XI IPA 2, dan XI IPA 3 serta 13 JP per minggu sebagai guru pendamping di kelas X MIA 3, XI IPA 1, dan XI IPA 4. Di kelas X MIA 4, penulis mengajar pada hari Kamis. Di kelas XI IPA 2, penulis mengajar pada hari Senin, Selasa, dan Rabu. Di kelas XI IPA 3, penulis mengajar pada hari Selasa, Rabu, Jumat. Hari Kamis sebagai guru pendamping di kelas X MIA 3. Hari Senin, Selasa, dan Jumat sebagai guru pendamping di kelas XI IPA 1. Hari Senin, Selasa, dan Rabu mendampingi guru di kelas XI IPA 4. Selain itu, mahasiswa PPL juga menangani kegiatan-kegiatan di luar pembelajaran, seperti melaksanakan piket perijinan, piket di perpustakaan, piket di posko PPL, piket bersalaman, mendampingi kegiatan MPLS, membantu pelaksaan AMT (Achievement Motivation Training) yang ditujukan untuk siswa kelas XII supaya lebih termotivasi lagi dalam menggapai cita-citanya.
Item Type: | Monograph (Project Report) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Praktik Pengalaman Lapangan (PPL), Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP), materi pembelajaran, perangkat pembelajaran, media pembelajaran |
Subjects: | LPPMP |
Divisions: | LPPMP - Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan |
Depositing User: | LPPMP |
Date Deposited: | 07 Mar 2017 00:57 |
Last Modified: | 01 Oct 2019 11:32 |
URI: | http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/47713 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |