Pengembangan Multimedia Pembelajaran Interaktif pada Pembelajaran Pneumatik untuk Siswa Program Diklat Listrik Instalasi Sekolah Menengah Kejuruan

Prihatini, Dyah Ayu (2010) Pengembangan Multimedia Pembelajaran Interaktif pada Pembelajaran Pneumatik untuk Siswa Program Diklat Listrik Instalasi Sekolah Menengah Kejuruan. S2 thesis, UNY.

[img] Text
tesis-dyah-ayu-prihatini-08707251003.swf

Download (2MB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah: (1) menghasilkan multimedia pembelajaran interaktif pneumatik, (2) mengetahui kelayakan multimedia pembelajaran interaktif, dan (3) mengetahui efektifitas multimedia pembelajaran interaktif dalam pembelajaran pneumatik. Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian dan pengembangan (Research and Development). Tahapan penelitian terdiri dari: (1) perencanaan, (2) desain, dan (3) pengembangan. Proses perencanaan meliputi analisis kebutuhan materi, analisis tujuan pembelajaran, analisis standar kompetensi, identifikasi karakteristik siswa, membuat dokumen perencanaan, menentukan dan mengumpulkan sumber-sumber, dan melakukan brainstorming. Proses desain meliputi analisis konsep materi, membuat flowcharts dan storyboards. Proses pengembangan meliputi menyiapkan teks, menggabungkan bagian-bagian dan memadukan berbagai bahan yang telah terkumpul, membuat program, melakukan evaluasi formatif yang terdiri dari uji alpha dan uji beta, melakukan revisi akhir, dan melakukan evaluasi sumatif. Uji alpha melibatkan 2 orang ahli media dan 2 orang ahli materi. Subjek uji coba berjumlah 31siswa terdiri dari: 3 siswa uji beta dan 28 siswa evaluasi sumatif. Data dikumpulkan dari para ahli dan tanggapan siswa terhadap multimedia pembelajaran. Selanjutnya, data dianalisis dengan menggunakan analisis statistik deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (a) ditinjau dari aspek tampilan dan pembelajaran, kelayakan multimedia pembelajaran dinilai sangat baik oleh ahli media dengan mean 4,9; (b) ditinjau dari aspek isi, kelayakan multimedia pembelajaran dinilai sangat baik oleh ahli media dengan mean 4,5; (c) tanggapan dari siswa pada uji beta termasuk kriteria sangat baik dengan mean 4,5; (d) tanggapan siswa pada evaluasi sumatif termasuk kriteria baik dengan mean 3,9. Hasil tersebut menunjukkan bahwa produk multimedia pembelajaran interaktif berbasis macromedia flash pada materi pneumatik layak digunakan sebagai media pembelajaran dalam proses pembelajaran. Hasil belajar siswa yang menggunakan multimedia pembelajaran interaktif berbasis macromedia flash mencapai ketuntasan belajar sebesar 86%; sedangkan hasil belajar siswa yang menggunakan media pembelajaran berbasis non-macromedia flash mencapai ketuntasan belajar sebesar 64%.

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: multimedia pembelajaran
Subjects: Pendidikan > Teknologi Pendidikan
Divisions: Program Pascasarjana > Teknologi Pembelajaran
Depositing User: Users 57 not found.
Date Deposited: 07 Mar 2017 01:09
Last Modified: 29 Jan 2019 12:12
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/47711

Actions (login required)

View Item View Item