PROSES PENANAMAN NILAI-NILAI AGAMA PADA ANAK USIA DINI DALAM KELUARGA DI KAMPUNG GAMBIRAN PANDEYAN UMBULHARJO YOGYAKARTA

Ariffiana, Zelvi (2017) PROSES PENANAMAN NILAI-NILAI AGAMA PADA ANAK USIA DINI DALAM KELUARGA DI KAMPUNG GAMBIRAN PANDEYAN UMBULHARJO YOGYAKARTA. S1 thesis, PAUD.

[img] Text
SKRIPSI DONEEEEE PDF.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan proses penanaman nilai-nilai agama pada anak dalam keluarga, yang terdiri atas: (1) bentuk-bentuk nilai agama yang ditanamkan pada anak, (2) proses penanaman, (3) peran orangtua, (4) pengaruh lingkungan, (5) faktor pendukung dan faktor penghambat dalam proses penanaman nilai-nilai agama pada anak. Jenis penelitian dalam penelitian ini termasuk dalam jenis penelitian kualitatif. Subjek dalam penelitian ini adalah keluarga yang memiliki anak usia dini. Objek penelitian ini adalah proses penanaman nilai-nilai agama pada anak usia dini dalam keluarga. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan teknik wawancara secara terstruktur, observasi partisipan, dan dokumentasi gambar. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan model interaktif. Dalam penelitian ini peneliti menggunakan teknik triangulasi tenik. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) nilai-nilai agama yang ditanamkan pada anak yaitu nilai aqidah, nilai akhlak dan ibadah. (2) a) Metode yang digunakanmetode modeling, pembiasaan, perumpamaan, bercerita dan dialog. b) Hasil yang diperoleh adalah anak mampu dan terbiasa dalam mengerjakan sholat tanpa paksaan, menjadi terbiasa belajar mengaji, mencintai ciptaan Allah dan melakukan perbuatan baik. c) Anggota keluarga lainnya juga memiliki andil. d) Proses tersebut dilakukan dimana saja dan kapan saja.(3) Orangtua berperan sebagai ayah dan ibu serta teman. (4) Lingkungan keluarga dan lingkungan sosial memberikan pengaruh terhadap proses penanaman nilai agama. (5) a) Faktor pendukungnya adalah lingkungan keluarga dan sarana ibadah di dalam rumah. b) Faktor penghambatnya adalah lingkungan sosial anak serta keterbatasan waktu yang dimiliki orangtua. Solusi mengatasi faktor penghambat adalah dengan melakukan pengawasan terhadap anak, mengurangi atau membatasi jam bermain anak, dan memberi nasihat pada anak. Kata kunci: Kualitatif, poses penanaman nilai-nilai agama pada AUD, keluarga.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Pendidikan > Pra Sekolah dan Sekolah Dasar > Pendidikan Guru PAUD
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > PGPAUD - Pendidikan Guru Anak Usia Dini
Depositing User: Admin PGPAUD FIP
Date Deposited: 06 Mar 2017 01:57
Last Modified: 06 Mar 2017 01:57
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/47694

Actions (login required)

View Item View Item