LAPORAN INDIVIDU PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL) DI SMK MUHAMMADIYAH 1 BANTUL

Puji Dwi Utomo, Puji Dwi Utomo (2016) LAPORAN INDIVIDU PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL) DI SMK MUHAMMADIYAH 1 BANTUL. Project Report. LPPMP, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
PT. Mesin_Puji Dwi Utomo_13503241036.pdf

Download (9MB) | Preview

Abstract

Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) merupakan salah satu mata kuliah yang wajib ditempuh oleh setiap mahasiswa S1 pendidikan di semua jurusan. Kegiatan ini mempunyai visi untuk memberikan pengalaman dan kesempatan bagi mahasiswa untuk belajar menjadi guru atau tenaga kependidikan yang profesional. Adapun tujuan pelaksanaan Praktik Pengalaman Lapangan adalah untuk memberikan pengalaman kepada mahasiswa tentang bagaimana mengatur jalanya proses belajar mengajar dikelas, serta menyusun strategi, metode dan media pembelajaran dikelas. Praktik mengajar yang dilakukan akan memberikan pengalaman sekaligus referensi kepada mahasiswa terhadap kenyataan yang ada dilapangan, terutama yang berkaitan erat dengan kondisi dan perilaku siswa, sehingga dapat menentukan sikap, strategi , metode, dan media pembelajaran dengan cepat dan tepat. Pelaksanaan PPL berlokasi di SMK Muhammadiyah 1 Bantul yang beralamat di jalan Parangtritis Km. 12 Manding, Trirenggo, Bantul. Berdasarakan hasil observasi ada beberapa hal yang perlu dipersiapkan sebelum mengajar yaitu materi yang akan diajarkan dan administrasi guru yang meliputi silabus, RPP, analisis soal, penilaian dan lain-lain. Program PPL terbagi menjadi dua, yaitu praktik mengajar terbimbing dan praktik mengajar mandiri. Praktik mengajar mandiri dilakukan sebanyak 6 kali tatap muka pada pelajaran teknik gambar manufaktur. Hasil dari penilaian mata diklat teknik gambar manufaktur diperoleh untuk kelas XI TP 1 nilai rata-rata 66,76, XI TP 2 nilai rata rata 67,56, kelas XI TP 3 nilai rata-ratanya 68,89 dan kelas XI TP 4 nilai rata-ratanya 71,63. Hasil yang didapatkan belum memenuhi KKM untuk itu diberikan kesempatan perbaikan kepada siswa yang mendapatkan nilai kurang dari KKM supaya bisa tuntas KKM. Setelah kegiatan penilaian selesai, maka tahap selanjutnya yaitu menganalisis permasalahan yang dialami siswa. Analisis yang dilakukan meliputi analisis kesulitan butir soal dan analisis materi. Permasalahan-permasalahan itulah yang nanti akan digunakan untuk menentukan jenis metode, strategi, dan media pembelajaran yang selanjutnya. Selama kegiatan PPL banyak pelajaran dan pengalaman yang sangat berharga baik pengalaman akademik maupun non-akademik. Setelah kegiatan PPL harapannya semakin memahami dan menghayati tentang proses pendidikan disekolah. Kerjasama dan komunikasi yang baik antara semua pihak merupakan cara yang ampuh untuk mengatasi permasalahan tersebut, sehingga kedepan akan menghasilkan sesuatu yang bermanfaat bagi perkembangan sekolah, siswa dan mahasiswa.

Item Type: Monograph (Project Report)
Uncontrolled Keywords: PPL, SMK Muhammadiyah 1 Bantul, Program Kegiatan PPL, Laporan
Subjects: LPPMP
Divisions: LPPMP - Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan
Depositing User: LPPMP
Date Deposited: 06 Mar 2017 00:54
Last Modified: 01 Oct 2019 11:38
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/47685

Actions (login required)

View Item View Item