OPTIMISASI PERENCANAAN MENU DIET BAGI PENDERITA DIABETES MELLITUS DENGAN MODEL GOAL PROGRAMMING (STUDI KASUS: RS. PKU MUHAMMADIYAH YOGYAKARTA)

Pertiwi, Nira Bekti and Lestari, Dwi (2017) OPTIMISASI PERENCANAAN MENU DIET BAGI PENDERITA DIABETES MELLITUS DENGAN MODEL GOAL PROGRAMMING (STUDI KASUS: RS. PKU MUHAMMADIYAH YOGYAKARTA). S1 thesis, UNY.

[img] Text
0_Cover.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (26kB)
[img] Text
1_HALAMAN Romawi (i-xvi).pdf
Restricted to Repository staff only

Download (705kB)
[img]
Preview
Text
2_BAB I (1-6).pdf

Download (273kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3_BAB II (7-42).pdf

Download (1MB) | Preview
[img] Text
4_BAB III (43-69).pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
5_BAB IV (70-72).pdf
Restricted to Repository staff only

Download (147kB)
[img]
Preview
Text
6_DAFTAR PUSTAKA (73).pdf

Download (146kB) | Preview
[img] Text
7_LAMPIRAN (74-95).pdf
Restricted to Repository staff only

Download (640kB)

Abstract

Penulisan tugas akhir ini bertujuan untuk meminimalkan penyimpangan kalori dan kandungan gizi yang berupa karbohidrat, protein, dan lemak sehingga menu diet diabetes mellitus dengan kandungan tersebut dapat terpenuhi serta biaya yang dibutuhkan optimal. Pada permasalahan tersebut terdapat lebih dari satu tujuan sehingga penyelesaiannya menggunakan model goal programming. Penulis melakukan penelitian pada sumber energi karbohidrat, protein, dan lemak pada menu diet dalam 3 hari. Langkah-langkah perencanaan menu diet diabetes mellitus: (1) menentukan jumlah kebutuhan energi/kalori pasien untuk mengetahui jenis diet yang sesuai (2) menghitung batas bawah dan batas atas dari masing-masing sumber energi berdasarkan jenis diet, (3) menentukan menu diet dengan cara memilih masing-masing sumber energi berdasarkan satuan penukar dan bahan penukar (4) membuat perencanaan menu diet dalam 3 hari dengan jumlah makan sebanyak 5 kali selang waktu 3 jam per hari (5) membuat rincian banyaknya sumber energi yang terkandung pada masing-masing bahan pangan dan biaya yang dibutuhkan. Permasalahan dari penelitian ini dapat diselesaikan dengan model goal programming. Langkah-langkah menyelesaikan persamaan dengan model goal programming: (1) merumuskan masalah model goal programming dalam bentuk persamaan pemrograman linear (2) membuat formulasi model goal programming (3) mencari nilai x, F, dan G dari hasil perhitungan untuk persamaan model goal programming. Nilai G merupakan biaya pengeluaran yang diperoleh setelah didapat Z dengan solusi optimal. Berdasarkan hasil perhitungan perencanaan menu diet dengan model goal programming diperoleh solusi optimal yang dapat meminimumkan biaya menjadi menu hari 1 sebesar Rp 20.825,12 (turun 3,07%), menu hari 2 sebesar Rp 17.649,17 (turun 6,84%), dan menu hari 3 sebesar Rp 21.709,36 (turun 9,45%). Nilai fungsi tujuan (deviasi) batas atas protein untuk menu hari 1 bernilai tidak nol. Hal ini berarti tujuan untuk memenuhi kebutuhan protein tidak terpenuhi karena terdapat penyimpangan nilai deviasi batas atasnya sebesar 24,01 atau 37,66%. Sementara itu penyelesaian optimal untuk menu hari 2 dan hari 3 seluruh nilai fungsi tujuan (deviasi) adalah nol sehingga tujuan untuk memenuhi kebutuhan karbohidrat, protein, dan lemak terpenuhi. Kata kunci: Perencanaan menu, diabetes mellitus, goal programming.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Matematika
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Jurusan Pendidikan Matematika > Matematika
Depositing User: Jurusan Pendidikan Matematika
Date Deposited: 07 Mar 2017 01:24
Last Modified: 07 Mar 2017 01:24
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/47681

Actions (login required)

View Item View Item