LAPORAN PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN PPL DI SMK MUHAMMDIYAH 1 BANTUL

AKBAR EKO MARYANTO, AKBAR EKO MARYANTO (2016) LAPORAN PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN PPL DI SMK MUHAMMDIYAH 1 BANTUL. LAPORAN PPL.

[img]
Preview
Text
PT. Mesin_Akbar Eko M_13503241012.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

Penyelenggaraan kegiatan Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) adalah salah satu upaya yang dilakukan Universitas Negeri Yogyakarta (UNY) agar mahasiswa mampu mengembangkan dan menerapkan ilmu yang telah dipelajari dilingkungan kampus kepada lingkungan atau lembaga pendidikan yang bersifat formal maupun non formal sebagai bekal untuk menjadi seorang pendidik. Kompetensi yang diharapkan dapat dikuasai mahasiswa antara lain sosial, pedagogik, profesional, dan kepribadian. Kegiatan ini diharapkan mampu mengasah pengalaman mahasiswa untuk mengendalikan suasana kelas, menyusun serta menyampaikan ilmu secara baik, mampu mengevaluasi kesalahan, bertanggung jawab, dan mampu mengatasi masalah yang dihadapi didalam proses pembelajaran. Secara umum kegaiatan PPL meliputi empat tahap yaitu persiapan, pelaksanaan, evaluasi dan penyusunan laporan. Tahapan pelaksanaan meliputi praktik mengajar, umpan balik pembimbing, evaluasi, penyusunan laporan, dan penarikan. Pelaksanaan progam PPL dimulai pada tanggal 16 Juli 2016 sampai dengan 16 September 2016. Yang sebelumnya telah dilakukan observasi kelas, lingkungan sekolah, pelaksanaan MOS, persiapan bengkel, konsultasi Rencana Pelaksanaan Pembelajaran, pembuatan materi dan media pembelajaran. Dalam proses pembelajaran kelas yang diampu adalah kelas XI Teknik Pemesinan 1, XI Teknik Pemesinan 2, XI Teknik Pemesinan 3 dengan total pertemuan di kelas sebanyak 192 jam. Kemudian evaluasi terkait metode mengajar, materi bahan ajar, dan pembuatan soal ujian siswa. Secara keseluruhan hasil progam pelaksanaan PPL dapat dilaksanakan dan berjalan dengan baik. Praktik pengalaman lapangan adalah sarana yang dapat digunakan untuk mahasiswa membekali diri dengan ketrampilan mengajar sebelum nantinya akan terjun ke lingkungan kerja sebagai tenaga pengajar. Sehingga diharapkan mahasiswa dapat memperoleh ketrampilan untuk menangani peserta didik, dan mampu menerapkan apa yang diharapakan lembaga terhadap peserta didiknya. Selain untuk mahasiswa, progam praktik pengalaman lapangan juga bertujuan menjalin hubungan baik antara universitas negeri yogyakarta sebagai penghasil tenaga pengajar dengan SMK sebagai pihak yang membutuhkan tenaga pengajar

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: PPL UNY 2016, SMK Muhammdiyah 1 Bantul, Teknik Pemesinan
Subjects: LPPMP - Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan
Divisions: LPPMP - Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan
Depositing User: LPPMP UNY
Date Deposited: 06 Mar 2017 00:28
Last Modified: 06 Mar 2017 00:28
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/47680

Actions (login required)

View Item View Item