LAPORAN PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN PPL DI SMK MUHAMMADIYAH 1 BANTUL

Ahmad Kamaludin Ramdani, Ahmad Kamaludin Ramdani (2016) LAPORAN PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN PPL DI SMK MUHAMMADIYAH 1 BANTUL. Project Report. LPPMP, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
PT. Mesin_Ahmad Kamaludin Ramdani_13503241041.pdf

Download (7MB) | Preview

Abstract

Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) merupakan salah saatu mata kuliah wajib tempuh oleh seluruh mahasiswa UNY yang mengambil jurusan kependidikan. PPL bertujuan untuk melatih mahasiswa dalam mengimplementasikan ilmu pengetahuan yang dimiliki dalam proses pembelajaran di sekolah sesuai dengan bidang studi serta kemampuan yang dimilikinya masing-masing. Selain sebagai tempat untuk mempraktikan ilmu pengetahuan, PPL dapat menjadi media bagi mahasiswa guna mendapat pengalaman yang nyata dalam proses pembelajaran, sehingga dapat menjadi bekal bagi mahasiswa guna mengembangan dirinya sebagai guru muda yang akan menjadi pendidik di masa yang akan datang. Secara umum, pelaksanaan PPL meliputi empat tahapan yaitu tahap persiapan, pelaksanaan, dan evaluasi. Tahapan persiapan PPL melipui : pembuatan media pembelajaran, microteaching, pembekalan. Tahap pelaksanaan meliputi : tahap observasi dan pelaksanaan pembelajaran. tahap observasi dilaksanakan seminggu setelah penerjunan PPL yaitu dengan melakukan aktivitas pengamatan di sekolah, kelas maupun bengkel. Tahap pelaksanaan dimulai tanggal 15 Juli 2016 sampai dengan 15 September 2016 dengan melaksanakan aktivitas pembelajaran mata pelajaran mekanika teknik dan kerja bangku di kelas X Teknik Pemesinan 1, X Teknik Pemesinan 2, X Teknik Pemesinan 3, X Teknik Pemesinan 4 dan X Teknik Pemesinan 5. Tahap evaluasi meliputi : evaluasi hasil PPL, penyusunan laporan, dan penarikan PPL. Secara keseluruhan Program PPL dapat dilaksanakan dengan baik dan lancar. Pada realisasinya kegiatan pembelajaran berjalan kurang sesuai dengan target yang sudah direncanakan namun dapat diselesaikan dengan baik Kegiatan PPL sangat bermanfaat bagi mahasiswa karena dapat merasakan pengalaman sebagai seorang guru. Harapan ke depan, semoga PPL dapat terus dilaksanakan dan jalinan silaturahmi serta kerjasama antara Universitas Negeri Yogyakarta dengan SMK Muhammadiyah 1 Bantul dapat terus terjalin, sehingga membuka peluang kerjasama di bidang yang lain dan dapat memberikan manfaat bagi kedua pihak.

Item Type: Monograph (Project Report)
Uncontrolled Keywords: PPL UNY 2016, SMK Muh. 1 Bantul, Teknik Pemesinan
Subjects: LPPMP
Divisions: LPPMP - Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan
Depositing User: LPPMP
Date Deposited: 06 Mar 2017 00:22
Last Modified: 01 Oct 2019 11:33
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/47679

Actions (login required)

View Item View Item