LAPORAN PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL) UNIVERSITAS NEGERI YOGYAKARTA TAHUN AKADEMIK 2016 / 2017

Sepnugraha Atmanegara, Sepnugraha Atmanegara (2016) LAPORAN PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL) UNIVERSITAS NEGERI YOGYAKARTA TAHUN AKADEMIK 2016 / 2017. Project Report. LPPMP, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
PT. Informatika_Sepnugraha Atmanegara_13520244004.pdf

Download (9MB) | Preview

Abstract

lapangan yang wajib ditempuh mahasiswa S1 sebagai salah satu syarat dalam menyelesaikan studi dan memperoleh gelar sarjana. Adapun tujuan dari kegiatan PPL diharapkan membentuk calon pendidik yang berkompeten. Kegiatan PPL diharapkan mampu memberikan pengalaman belajar bagi mahasiswa terutama pengalaman mengajar, pelatihan, dan pengembangan kompetensi yang diperlukan dalam bidang kependidikan. Secara umum pelaksanaan PPL meliputi empat tahap yaitu persiapan, pelaksanaan, evaluasi, dan penyusunan laporan. Tahap persiapan yaitu kegiatan observasi kondisi sekolah yang dilakukan sebelum pelaksanaan PPL. Tahapan pelaksanaan PPL meliputi pembekalan, penerjunan, dan praktik mengajar. Pelaksanaan kegiatan PPL di SMK Muhammadiyah 1 Bantul dimulai dari tanggal 15 Juli 2016 sampai dengan 15 September 2016 yang diisi dengan kegiatan observasi kelas, konsultasi dengan guru pembimbing lapangan, pembuatan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP), pembuatan materi ajar, praktik mengajar dan evaluasi. Dalam praktik mengajar dikelas yang di ampu yaitu kelas X RPL 1 dan kelas X RPL 2 dengan alokasi tatap muka kegiatan praktikum yaitu 8 jam pelajaran sedangkan alokasi tatap muka teori yaitu 2 jam pelajaran. Mata pelajaran yang diampu yaitu Praktik Perakitan Komputer dan Pemrograman Dasar. kegiatan evaluasi meliputi pemberian soal praktikum, pemberian post test, dan pembuatan tugas untuk siswa. Kegiatan pembelajan berjalan lancar sesuai dengan target yang telah direncanakan dan dapat diselesaikan dengan baik. Praktik Pengalaman Lapangan menjadi sarana untuk melatih mahasiswa untuk menjadi calon pendidik sebelum terjun ke lapangan kerja yang sesungguhnya. Melalui kegiatan ini, penulis memperoleh pengalaman dan keterampilan dalam manajemen kelas dan sekolah sehingga kegiatan belajar mengajar dapat berjalan dengan baik.

Item Type: Monograph (Project Report)
Uncontrolled Keywords: PPL UNY 2016, RPL, SMK Muhammadiyah 1 Bantul
Subjects: LPPMP
Divisions: LPPMP - Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan
Depositing User: LPPMP
Date Deposited: 06 Mar 2017 00:13
Last Modified: 01 Oct 2019 11:40
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/47677

Actions (login required)

View Item View Item