LAPORAN INDIVIDU KEGIATAN PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN UNIVERSITAS NEGERI YOGYAKARTA DI SMK MUHAMMADIYAH 1 BANTUL

Della AmaliaSeptiany, Della AmaliaSeptiany (2016) LAPORAN INDIVIDU KEGIATAN PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN UNIVERSITAS NEGERI YOGYAKARTA DI SMK MUHAMMADIYAH 1 BANTUL. Project Report. LPPMP, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
PT. Informatika_Della Amalia Septiany_13520241087.pdf

Download (17MB) | Preview

Abstract

Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) merupakan salah satu mata kuliah praktik lapangan yang wajib ditempuh mahasiswa. Kompetensi yang diupayakan untuk dapat dikuasai mahasiswa yaitu sosial, pedagogik, professional, dan kepribadian. Kegiatan PPL diharapkan mampu memberikan pengalaman belajar bagi mahasiswa terutama pengalaman mengajar, memeprluas wawasan, pelatihan, dan pengembangan kompetensi yang diperlukan dalam bidang tertentu, pengingkatan keterampilan, kemandirian, tanggung jawab, dan kemampuan dalam menyelesaikan masalah. Secara umum pelaksanaan PPL meliputi empat tahap yaitu persiapan, pelaksanaan, evaluasi, dan penyusunan laporan. Tahap persiapan yaitu kegiatan observasi kondisi sekolah yang dilakukan sebelum pelaksanaan PPL. Tahapan pelaksanaan PPL meliputi pembekalan, penerjunan, dan praktik mengajar. Pelaksanaan kegiatan PPL di SMK Muhammadiyah 1 Bantul dimulai dari tanggal 15 Juli 2016 sampai dengan 15 September 2016 yang diisi dengan kegiatan observasi kelas, konsultasi dengan guru pembimbing lapangan, pembuatan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP), pembuatan materi ajar dan jobsheet praktikum, praktik mengajar dan evaluasi. Dalam praktik mengajar kelas yang diampu yaitu kelas XI RPL 1 dan kelas XI RPL 2 dengan alokasi tatap muka kegiatan praktikum yaitu 8 jam pelajaran sedangkan alokasi tatap muka teori yaitu 2 jam pelajaran. Mata pelajaran yang diampu yaitu Praktik Pemrograman Berientasi Objek, Teori Sistem Komputer, dan Praktik Pemodelan Perangkat Lunak. Kegiatan evaluasi meliputi pemberian soal praktikum, pemberian post test, dan pembuatan tugas untuk siswa. Kegiatan pembelajan berjalan lancar sesuai dengan target yang telah direncanakan dan dapat diselesaikan dengan baik. Praktik Pengalaman Lapangan menjadi sarana untuk melatih mahasiswa sebelum terjun ke lapangan kerja yang sesungguhnya. Melalui kegiatan ini, penulis memperoleh pengalaman dan keterampilan dalam manajerial kelas dan sekolah sehingga kegiatan belajar mengajar dapat berjalan dengan baik serta menghasilkan output yang maksimal.

Item Type: Monograph (Project Report)
Uncontrolled Keywords: PPL UNY 2016, SMK Muhammadiyah 1 Bantul, RPL
Subjects: LPPMP
Divisions: LPPMP - Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan
Depositing User: LPPMP
Date Deposited: 06 Mar 2017 00:08
Last Modified: 01 Oct 2019 11:34
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/47676

Actions (login required)

View Item View Item