LAPORAN INDIVIDU PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN UNIVERSITAS NEGERI YOGYAKARTA DI SMK MUHAMMADIYAH 1 BANTUL

DAYA PRISANDI MANDALA, DAYA PRISANDI MANDALA (2016) LAPORAN INDIVIDU PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN UNIVERSITAS NEGERI YOGYAKARTA DI SMK MUHAMMADIYAH 1 BANTUL. Project Report. LPPMP, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
PT. Informatika_Daya Prisandi Mandala_13520244023.pdf

Download (18MB) | Preview

Abstract

Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) merupakan istilah kependidikan yang bersifat intrakurikuler yang dilaksanakan mahasiswa yang menyangkut tugas kependidikan, baik berupa persiapan administrasi mengajar, Praktik mengajar, dan evaluasi pembelajaran. Tujuan utama dari kegiatan Praktik Pengalaman Lapangan ini adalah untuk melatih mahasiswa dalam menerapkan kemampuan dan pengetahuan yang dimiliki dalam suatu proses pembelajaran sesuai dengan bidang studinya, sehingga mahasiswa memiliki pengalaman yang nyata dan dapat dipakai sebagai bekal untuk mengembangkan potensi. Sebelum pelaksanaan Praktik Pengalaman Lapangan di sekolah, terlebih dahulu diadakan kegiatan observasi lapangan (kelas). Observasi sekolah ini dilakukan sebagai tolak ukur dalam perumusan program Praktik Pengalaman Lapangan yang akan dilaksanakan, mengetahui kondisi dan situasi kelas pada saat proses pembelajaran berlangsung, mengetahui karakter siswa, serta mengetahui proses pembelajaran yang dilakukan oleh guru. Kegiatan Praktik Pengalaman Lapangan dilaksanakan dari tanggal 15 Juli 2016 s.d. 15 September 2016 bertempat di SMK Muhammadiyah 1 Bantul yang beralamat di Jln. Parangtritis Km 12, Manding, Trirenggo, Bantul. yang diisi dengan kegiatan pendampingan fortasi (penerimaan peserta didik baru), observasi kelas, konsultasi dengan guru pembimbing lapangan, pembuatan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran, pembuatan materi ajar dan jobsheet praktikum, praktik mengajar dan evaluasi. Dalam praktik mengajar kelas yang di ampu yaitu kelas XI RPL 1 dan kelas XI RPL 2 dengan alokasi waktu tatap muka kegiatan praktikum yaitu 8 jam pelajaran sedangkan alokasi waktu tatap muka teori yaitu 2 jam pelajaran. Mata pelajaran yang diampu yaitu Praktik Pemrograman Berientasi Objek, Teori Sistem Komputer, dan Praktik Pemodelan Perangkat Lunak. kegiatan evaluasi meliputi pemberian soal praktikum, pemberian post test, dan pembuatan tugas untuk siswa. Kegiatan pembelajan berjalan lancar sesuai dengan target yang telah direncanakan dan dapat diselesaikan dengan baik. Hasil yang diperoleh dari kegiatan Praktik Pengalaman Lapangan ini adalah pengalaman nyata baik dalam bentuk pengalaman mengajar maupun pengalaman dalam mengenali dan mengatasi berbagai permasalahan yang timbul di lingkungan sekolah. Semua pengalaman ini semoga dapat meningkatkan kompetensi mahasiswa sebagai calon tenaga pendidik dan dapat dijadikan bekal dalam pengabdian diri di masyarakat di masa yang akan datang.

Item Type: Monograph (Project Report)
Uncontrolled Keywords: PPL UNY 2016, SMK Muhammadiyah 1 Bantul, RPL
Subjects: LPPMP
Divisions: LPPMP - Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan
Depositing User: LPPMP
Date Deposited: 06 Mar 2017 00:04
Last Modified: 01 Oct 2019 11:34
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/47675

Actions (login required)

View Item View Item