LAPORAN INDIVIDU PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL) LOKASI SMK NEGERI 1 PANDAK

Rusyadi, Sabila (2016) LAPORAN INDIVIDU PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL) LOKASI SMK NEGERI 1 PANDAK. Project Report. LPPMP, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
PT BOGA_13511241043_SABILA RUSYADI.pdf

Download (8MB) | Preview

Abstract

Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) di instansi/ lembaga dilaksanakan sebagai suatu bentuk usaha peningkatan efisiensi dan kualitas penyelenggaraan proses pembelajaran yang merupakan bentuk pembelajaran mahasiswa UNY untuk mendapatkan pengalaman mengajar, memperluas wawasan, pelatihan dan pengembangan kompetensi yang diperlukan dalam bidang yang ditekuni, peningkatan keterampilan, kemandirian, tanggung jawab, dan kemampuan dalam memecahkan masalah. Kegiatan PPL ini berlangsung dari tanggal 18 Juli 2016 sampai dengan tanggal 09 September 2016. Kegiatan praktik mengajar dilakukan di kelas XI TPHP 3 dan kelas XII TPHP 2 SMK Negeri 1 Pandak. Kegiatan ini dimulai dari kegiatan observasi sekolah, penyusunan RPP, pembuatan media pembelajaran, praktik mengajar, bimbingan dengan guru pembimbing, dan evaluasi pembelajaran. Tema materi yang diajarkan pada kelas XI TPHP 3 adalah Teknik Penggorengan Deep Frying, Shallow Frying, dan menyangrai. Sedangkan tema materi yang diajarkan pada kelas XII TPHP 2 adalah Sistematika Penulisan Proposal dan Pemasaran. Pada kesempatan PPL ini, praktikan juga memiliki kesempatan dalam membuat rencana pelaksanaan pembelajaran, dan berbagai macam perangkat pembelajaran. Metode pemeblejaran yang pernah digunakan yaitu ceramah, diskusi, praktik, dan pembelajaran menggunakan video. Kegiatan PPL di SMK N 1 Pandak yang dilaksanakan selama kurang lebih 8 minggu memberikan banyak manfaat dan pengalaman bagi praktikan. Praktikan dapat mengajar di kelas sesungguhnya, membuat perangkat mengajar, dan evaluasi belajar. Selama mengajar, praktikan dihadapkan pada kondisi kelas yang berbeda kemampuan siswanya, sehingga praktikan belajar mengatasi kelas, mengelola kelas, dan menggunakan metode mengajar yang harus sesuai dengan keadaan siswa masingmasing kelas.

Item Type: Monograph (Project Report)
Uncontrolled Keywords: mahasiswa, PPL, SMK Negeri 1 Pandak
Subjects: LPPMP
Divisions: LPPMP - Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan
Depositing User: LPPMP
Date Deposited: 03 Mar 2017 07:31
Last Modified: 01 Oct 2019 11:39
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/47669

Actions (login required)

View Item View Item