Pengembangan Multimedia Pembelajaran Matematika Berbantuan Komputer untuk Siswa Sekolah Dasar

Ramdhani, Asri (2010) Pengembangan Multimedia Pembelajaran Matematika Berbantuan Komputer untuk Siswa Sekolah Dasar. S2 thesis, UNY.

[img] Text
tesis-asri-ramdhani-037725006.swf

Download (11MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk rnemperoleh multimedia pembelajaran berbantuan komputer yang layak untuk pembelajaran Matematika di Sekolah Dasar yang dilakukan dengan model pengembangan. Penelitian ini merupakan penelitian pengem bangan yang melibatkan 40 siswa, terdiri dari 3 siswa untuk uji co ba satu-satu, 12 siswa untuk uji coba kelompok kecil, dan 25 siswa untuk uji coba lapangan. Sebelum diujicobakan produk divalidasi oleh lorang ahli materi dan I orang ahli media. Aspek penilaian meliputi aspek pembelajaran, aspek materi pembelajaran, aspek media pembelajaran. Data penelitian dikurnpulkan melalui lembar validasi dari para ahli dan tanggapan siswa terhadap multimedia pada aspek pembelajaran, aspek materi dan aspek media. Selanjutnya, data dianalisis dengan menggunakan analisis statistik deskriptif. Hasil penelitian menunjukan: 1) pengembangan multirnedia pembelajaran berbantuan komputer pembelajaran matematika dilakukan dengan prosedur pengembangan media yang meliputi penelitian pendahuluan, analisis pembelajaran, produksi/pengembangan media, dan revisi, sedangkan evaluasi terhadap multimedia pembelajaran Matematika berbantuan komputer untuk kelas I sekolah dasar dikembangkan sesuai prosedur evaluasi pengembangan media; 2) hasil validasi oleh ahli materi menunjukan bahwa multimedia pembelajaran Matematika berbantuan komputer pada skala Likert (1-5) memiliki kualitas baik dari aspek pembelajaran (dengan skor 3,7); kualitas baik dari aspek materi dengan skor (3,67) dan menurut ahli media untuk aspek media (dengan skor 3,6); rata-rata hasil uji coba lapangan pada skala Likert (1-5) menunjukkan bahwa multimedia pembelajaran Matematika berbantuan komputer memiliki kualitas aspek pembelajaran yang baik (dengan skor 4,13), kualitas aspek materi baik (dengan skor 4,2), kualitas aspek media yang baik (dengan skor 4,11); hasil tersebut menunjukan bahwa media pembelajaran multimedia yang dikembangkan mampu menjadi media alternatif dalam pembelajaran matematika dan dapat menambah pengalaman belajar matematika dengan multimedia berbantuan komputer bagi siswa kelas I sekolah dasar.

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: multimedia pembelajaran, matematika
Subjects: Pendidikan > Teknologi Pendidikan
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Program Pascasarjana > Teknologi Pembelajaran
Depositing User: Users 57 not found.
Date Deposited: 03 Mar 2017 07:13
Last Modified: 29 Jan 2019 12:12
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/47667

Actions (login required)

View Item View Item