LAPORAN INDIVIDU PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN LOKASI SMK NEGERI 1 PANDAK Kadekrawa, Gilangharjo, Pandak, Bantul) Disusun Sebagai Tugas Akhir Pelaksanaan Praktik Pengalaman Lapangan (PPL)

Ratna Yunianti, Ratna Yunianti (2016) LAPORAN INDIVIDU PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN LOKASI SMK NEGERI 1 PANDAK Kadekrawa, Gilangharjo, Pandak, Bantul) Disusun Sebagai Tugas Akhir Pelaksanaan Praktik Pengalaman Lapangan (PPL). Project Report. LPPMP, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
LAPORAN PPL RATNA YUNIANTI 13511241035 PDF.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) merupakan salah satu mata kuliah yang wajib ditempuh oleh setiap mahasiswa SI kependidikan. Kegiatan PPL dapat bertujuan untuk memberikan pengalaman nyata dan kesempatan kepada mahasiswa sebagai calon pendidik, sehingga mahasiswa dapat menerapkan, mempersiapakan, dan mengembangkan kemampuannya sebagai pendidik. Mahasiswa diberikan kesempatan untuk mengaplilkasikan teori-teori tersebut sekaligus mencari ilmu secara factual, tidak sekedar teoritis seperti pada saat di perkuliahan. Pelaksanaan program PPL bagi mahasiswa kependidikan ini memiliki misi menyiapkan dan menghasilkan tenaga kependidikan (calon guru) yang memiliki nilai, sikap, pengetahuan dan keterampilan yang professional. Kegiatan PPL ini dilaksanakan oleh mahasiswa kependidikan di Universitas Negeri Yogyakarta (UNY) untuk melaksanakan pembelajaran PPL langsung pada lingkungan sekolah. Sekolah yang digunakan sebagai tempat praktik ini adalah SMK Negeri 1 Pandak. Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) dilaksanakan di SMK Negeri 1 Pandak yang dimulai dari tanggal 15 Juli 2016 sampai dengan 15 September 2016 kegiatan yang dilakukan selama PPL antara lain : Persiapan administrasi mengajar, penyusunan materi ajar baik teori maupun praktik, penyusunan dan pengembangan media pembelajaran, dan evaluasi. Manfaat yang diperoleh dari kegiatan PPL adalah meningkatnya kemampuan dalam menerapkan ilmu pengetahuan dan keterampilan yang telah diperoleh dibangku kuliah sekaligus semakin luasnya wawasan dan pengalaman tentang kegiatan pendidikan dan kegiatan lain yang menunjang kelancaran proses belajar-mengajar disekolah. Mahasiswa yang mengikuti mata kuliah PPL ini harus menempuh lebih kurangnya 240 jam dalam pelaksanaannya. Selama kegiatan PPL di SMK Negeri 1 Pandak, dalam realisasinya penyusunan telah menempuh sebanyak 307 jam. Penyusunan kegiatan PPL di SMK Negeri 1 Pandak membantu mengampu mata pelajaran Penanganan Bahan Hasil Pertanian dan Perikanan untuk kelas X TPHP 3 dan mata pelajaran Kompetensi Kejuruan untuk kelas XI TPHP 2. Secara umum pelaksanaan program-program yang telah disusun dapat dikatakan terlaksana dengan baik dan lancar, walaupun ada sedikit hambatan. Namun hambatan tersebut dapat diatasi. Dengan terseleseikannya kegiatan PPL ini diharapkan dapat tercipta tenaga kerja pendidik yang berkualitas dan professional.

Item Type: Monograph (Project Report)
Uncontrolled Keywords: Kegiatan Praktek Pengalaman Lapangan. Program Praktek Pengalaman Lapangan, Pelaksanaan Praktik Pengalaman Lapangan.
Subjects: LPPMP
Divisions: LPPMP - Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan
Depositing User: LPPMP
Date Deposited: 03 Mar 2017 06:54
Last Modified: 01 Oct 2019 11:39
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/47665

Actions (login required)

View Item View Item